Terus Dihantui Krisis Finansial! Barcelona Punya Utang Transfer Pemain hingga Rp1,8 Triliun

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 46 2482261 terus-dihantui-krisis-finansial-barcelona-punya-utang-transfer-pemain-hingga-rp1-8-triliun-qqrvvYnzZI.jpg Barcelona terlilit banyak utang (Foto: Reuters)

BARCELONA Barcelona dikabarkan masih berutang 115 juta euro atau sebesar Rp1,8 triliun terkait transfer beberapa pemain. Ironis, tim sebesar Barcelona masih dihantui oleh krisis finansial yang tak kunjung usai.

Sebagaimana diketahui, Blaugrana mengalami krisis finansial parah sejak terjadinya pandemi Covid-19. Dalam laporan keuangan terakhir, utang Barcelona mencapai lebih dari 1 miliar euro atau senilai Rp16 triliun.

Ronald Koeman (Foto: Reuters)

Hal itu merupakan salah satu faktor mereka harus rela kehilangan megabintangnya, Lionel Messi. Bahkan, Blaugrana hanya merekrut pemain gratisan dan didaftarkan secara bertahap di La Liga selaku operator Liga Spanyol.

Tak sampai di situ, krisis finansial makin berat mengingat performa Barcelona bisa dibilang tidak memuaskan. Posisi Ronald Koeman sebagai pelatih pun turut terancam. Bagaimana tidak, Barcelona hanya mencatatkan satu kemenangan dalam enam pertandingan terakhir di seluruh kompetisi.

BACA JUGA: 3 Penyerang Ini Gabung Barcelona pada Januari 2022, Siapa Saja?

Tidak menutup kemungkinan jika nantinya pelatih asal Belanda itu dipecat. Akan tetapi, klub juga harus berpikir dua kali karena mereka mesti membayar biaya kompensasi kepada Koeman, sedangkan Barcelona masih memiliki htang terkait transfer pemain.

fPresiden Barcelona, Joan Laporta, dan Direktur Umum klub, Fran Reverter, akan mempresentasikan hasil laporan audit terbaru klub di hadapan media pada hari ini, Rabu (6/10/2021), waktu setempat. Nantinya, utang transfer itu juga akan dibahas dalam laporan tersebut.

Jumlah utang klub sudah dipangkas sekitar 28,4 persen. Akan tetapi, Blaugrana masih memiliki utang transfer ke sejumlah klub sebesar 115 juta euro atau sebesar 1,8 triliun.

Menurut laporan 2Playbook, Rabu (6/10/2021), Barcelona hutang kepada Juventus untuk penandatanganan Miralem Pjanic sebesar 39 juta euro atau Rp643 miliar. Kemudian, 32 juta euro atau Rp 527 miliar ke Ajax Amsterdam untuk pembelian Frenkie de Jong.

Barcelona (Foto: Reuters)

Lalu, 16 juta euro atau Rp263 miliar untuk transfer Sergino Dest dari Ajax juga. Dan untuk transfer Philippe Coutinho dari Liverpool, mereka masih harus membayar 13 juta euro atau Rp214 miliar.

Jumlah tersebut memang wajar karena biasanya uang transfer dicicil dalam beberapa tahun. Akan tetapi, yang menjadi masalah adalah mereka masih harus berutang cukup besar di tengah performa pemain yang tidak memuaskan.

Apalagi, Barcelona sudah merugi sekitar 481 juta euro atau sekira Rp7 tiriliun sepanjang musim lalu. Jika ditotal, lebih dari 500 juta euro selama pandemi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini