UEFA dan CONMEBOL Sepakat! Italia Akan Lawan Argentina dalam Laga Persahabatan

Cikal Bintang, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 51 2478368 uefa-dan-conmebol-sepakat-italia-akan-lawan-argentina-dalam-laga-persahabatan-vPS2DXV0Lg.jpg Timnas Italia akan berjumpa Timnas Argentina dalam laga persahabatan (Foto: Reuters)

FEDERASI Sepakbola Eropa (UEFA) dan Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) menggagas laga persahabatan akbar antara Italia selaku juara Piala Eropa 2020 dengan jawara Copa America 2021, Argentina.

Pertandingan itu kabarnya akan berlangsung pada Juni 2022 mendatang. Pertemuan kedua raksasa sepakbola dunia itu menjadi semacam pemanasan sebelum Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar.

Timnas Argentina (Foto: Reuters)

Dalam sebuah pernyataan resmi di situs UEFA, Rabu (29/9/2021), laga persahabatan tersebut juga merupakan salah satu bentuk perluasan kerja sama antara UEFA dan CONMEBOL. Pertandingan ini juga menjadi penanda dibukanya kantor bersama di London, Inggris.

“UEFA dan CONMEBOL hari ini mengumumkan perluasan kerja sama mereka yang ada serta pementasan pertandingan antara pemenang UEFA EURO 2020 Italia dan pemenang CONMEBOL Copa America 2021 Argentina selama jendela internasional pada Juni 2022 di tempat yang akan dikonfirmasi,” bunyi pernyataan UEFA.

BACA JUGA: 5 Alasan Lionel Messi Kalah di Perebutan Trofi Ballon dOr 2021, Nomor 1 Bikin Malu

“Penyelenggaraan pertandingan ini merupakan bagian dari perluasan kerja sama antara UEFA dan CONMEBOL, yang terutama mencakup kategori sepak bola wanita, futsal dan remaja, pertukaran wasit, serta skema pelatihan teknis,” sambung pernyataan tersebut.

"Kesepakatan yang dicapai oleh kedua organisasi saat ini mencakup tiga edisi pertandingan antara masing-masing pemenang kontinental, dan juga termasuk pembukaan kantor bersama di London (Inggris), yang akan bertanggung jawab untuk mengoordinasikan proyek-proyek yang menjadi kepentingan bersama,” lanjutnya lagi.

Selain itu, pertandingan ini juga akan menjadi penanda komitmen UEFA dan CONMEBOL dalam mengembangkan sepak bola dunia. Tentu saja, hal ini juga termasuk dalam kolaborasi untuk menyatukan perbedaan.

Timnas Italia (Foto: Reuters)

"Dengan mencapai kesepakatan ini, UEFA dan CONMEBOL menyatakan komitmen mereka untuk pengembangan sepak bola di luar zona geografis mereka, sebagai jembatan yang menyatukan orang, negara, benua, dan budaya,” sambung UEFA.

“Komite Eksekutif UEFA dan Dewan CONMEBOL juga menyatakan kesediaan yang kuat untuk terus berkolaborasi dalam isu-isu lain yang menjadi kepentingan bersama ke depan,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini