5 Pemain Sepakbola Indonesia yang Membela Klub Luar Negeri, Nomor 1 Dibuatkan Serial Dokumenter

Furqon Al Fauzi, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 51 2465015 5-pemain-sepakbola-indonesia-yang-membela-klub-luar-negeri-nomor-1-dibuatkan-serial-dokumenter-1XSi57NlT5.jpg Egy Maulana Vikri saat berlatih bersama Timnas Indonesia. (Foto/PSSI)

SEJUMLAH pemain sepakbola Indonesia mendapat kesempatan membela klub luar negeri karena bakat dan penampilannya yang membuat terkesan. Bahkan Egy Maulana Vikri dibuatkan serial dokumenter oleh perusahaan raksasa Jepang.

Pemain yang lainnya adalah Asnawi Mangkualam. Dia bahkan selalu menjadi andalan untuk Ansan Greeners, klub asal Korea Selatan. Asnawi mendapatkan kesempatkan ke Korsel karena membuat kesan yang baik saat membela Tim Nasional Indonesia asuhan pelatih asal Korsel, Shin Tae-yong.

Selain Egy dan Asnawi, ada tiga nama lain pemain Indonesia yang kerkarier di negeri orang. Berikut rangkumannya:

5. Saddil Ramdani

Sri Pahang FC merupakan klub luar negeri pertama yang dibela Saddil Ramdani, tepatnya pada musim 2018-2019. Sempat kembali ke Indonesia dan memperkuat Bhayangkara FC, Saddil memutuskan kembali bermain untuk klub Liga Super Malaysia.

Baca juga: Lepas Egy Maulana Vikri, Lechia Gdansk Rekrut Witan Sulaeman

Foto/Instagram

Saddil menerima tawaran untuk bergabung klub yang diasuh legendan Indonesia Sabah FC Kurniawan Dwi Yulianto pada awal musim 2021. Kini nasib Saddil menjadi tanda tanya menyusul diberhentikannya Kurniawan Dwi Yulianto dari kursi kepelatihn Sabah karena dinilai tidak mampu mendongkrak performa tim.

Baca juga: Efek Rumor Ingin Datangkan Egy Maulana Vikri, Followers Instagram FK Senica Meningkat hingga 15 ribu

4. Ryuji Utomo

Etos kerja dan kedisiplinan tingkat tinggi yang kerap diperlihatkan Ryuji Utomo membuatnya bisa berkarier di tiga negara berbeda di luar Indonesia. Ryuji sempat bikin heboh media nasional kala itu dengan bergabung ke klub Bahrain, Al Najma, pada musim 2015-2016.

Foto/Instagram

Ryuji kemudian mencoba peruntungan di Thailand dengan membela PTT Rayong yang berkompetisi di kasta kedua Liga Thailand. Sempat kembali ke Indonesia dan membela Persija, pada awal 2021 lalu Ryuji Utomo kembali meniti kariernya di klub luar negeri dengan membela Penang FC di Malaysia. Ryuji bahkan menjadi salah satu pemain andalan klub tersebut dengan selalu menjadi starter.

3. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam kini sedang membela klub Korea Selatan, Ansan Greeners, yang bermain di divisi kedua Liga Korsel. Asnawi berangkat ke Korsel karena Shin Tae-yong merekomendasikan namanya kepada pelatih Ansan Greeners.

Foto/Ansan Greeners

Eks pemain PSM Makassar itu resmi diperkenalkan Ansan Greeners pada Februari silam. Sejak saat itu dia selalu menjadi andalan klub barunya. Bahkan Asnawi dinobatkan sebagai pemain terbaik divisi kedua Liga Korsel edisi April 2021.

2. Witan Sulaeman

Musim 2020-2021 Witan Sulaeman mengikuti jejak sahabatnya Egy Maulana Vikri berkarier di Eropa. Witan dikontrak klub asal Serbia Radnik Surdulica dengan durasi jangka panjang.

Foto/Lechia Gdansk

Namun sayang, isu pengaturan skor yang terjadi di Liga Serbia membuat pihak Witan memutuskan kontrak lebih cepat. Witan sejatinya berada di klub tersebut selama tiga tahun.

Tak butuh waktu lama bagi Witan mendapat labuhan baru di Eropa. Mantan klub Egy Lechia Gdansk kepincut untuk mengontrak pemuda asal Palu tersebut untuk duras kontrak dua tahun hingga 2023 mendatang.

1. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri sempat bikin heboh persepak bolaan Indonesia dengan kabar bergabungnya ia ke klub asal Polandia Lechia Gdansk pada 2018 lalu. Egy diharapkan bisa menimba ilmu serta pengalaman di klub yang berkompetisi di kasta tertinggi Polandia tersebut.

Namun sayang, Egy tidak cukup mendapat menit bermain hingga akhirnya dilepas Lechia Gdansk. Selama memperkuat klub tersebut Egy hanya beberapa kali bermain untuk tim utama. Selebihnya, Egy lebih banyak berada di muda atau cadangan Lechia Gdansk.

Foto/FK Senica

Setelah kontraknya berakhir pada 30 Juni 2021 lalu, Egy tak butuh waktu lama menganggur. Ia pun berkomitmen untuk terus bisa berkarier di klub luar negeri utamaya Eropa. Ia direkrut FK, Senica, klub yang bermain di kasta tertinggi Slovakia.

Uniknya, perjalanan Egy berkarier di Lechia Gdansk pernah dibuatkan serial documenter oleh Rakuten, perusahaan e-commerce asal Jepang. Serial terdiri dari emapt episode yang menceritakan perjalanan Egy Maulana Vikri hingga bisa bergabung dengan Lechia Gdansk.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini