5 Klub yang Miliki Banyak Musuh, Nomor 1 Jadi Sorotan

Firda Rahmawan , Jurnalis · Senin 26 Juli 2021 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 51 2446261 5-klub-yang-miliki-banyak-musuh-nomor-1-jadi-sorotan-3YWEFbix3Q.jpg Manchester United, salah satu klub yang memiliki banyak musuh. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

SEJUMLAH klub Eropa memiliki banyak musuh. Kesuksesan mereka meraih berbagai trofi, menjadi salah satu alasan klub-klub yang akan dibahas ini memiliki banyak musuh.

Otomatis, semakin berprestasi sebuah klub, semakin pula mereka tidak disukai. Lantas, siapa saja klub yang dimaksud?

Berikut 5 klub yang miliki banyak musuh:

5. Chelsea

Chelsea

Kehadiran Roman Abramovich di tubuh Chelsea pada musim panas 2003, mengubah nasib The Blues. Dengan diambil alih taipan asal Rusia tersebut, Chelsea disulap menjadi klub yang cukup menjanjikan untuk memberi perlawanan bagi klub besar Inggirs lainnya.

Terlebih, persaingan baru mulai berasa ketika pelatih The Blues saat itu, Jose Mourinho mampu membawa Chelsea menjuarai Liga Inggris dua kali beruntun pada 2005 dan 2006. Hal itu memmbuat klub seperti Manchester United dan Arsenal akhirnya merasa tersaingi, sehingga musuh Chelsea pun mulai banyak.

4 Juventus

Juventus

Semenjak klub berjuluk Si Nyonya Tua mendatangkan pemenang trofi Ballon d'or 5 kali, Cristiano Ronaldo, klub ini jadi dibenci fans Lionel Messi. Kita semua tahu bahwa dalam 13 tahun terakhir (2008-2021), Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi terus diperbandingkan.

Hal itulah yang kerap menjadi perdebatan yang berujung menimbulkan rasa benci. Selain hal tersebut, yang membuat Bianconeri dibenci adalah keberhasilan mereka memenangkan trofi Liga Italia Sembilan musim beruntun.

Hal itu membuat seluruh penggemar klub papan atas Liga Italia membenci tim yang bermarkas di Turin tersebut. Tak hanya itu, terlibatnya Juventus dalam kasus pengaturan skor atau Calciopoli 2006 tentunya makin menambah rasa benci penggemar klub Italia lainnya.

3. Real Madrid

Real Madrid

Siapa yang tak kenal salah satu klub terkaya di dunia ini, Real Madrid. Real Madrid adalah raja La Liga yang meraih gelar lebih banyak ketimbang tim mana pun di Spanyol. Sejumlah pemain bintang pernah membela Real Madrid seperti Figo, Raul, Kaka, Ronaldo, dan Cristiano Ronaldo. Hal itulah yang membuat Real Madrid tak hanya menguasai Liga Spanyol, tapi juga Liga Champions (13 trofi).

Persaingan prestasi antara Barcelona dan Real Madrid tidak terhindarkan. Terlebih di kubu dua tim tersebut terdapat dua pemain bintang (salah satunya sudah meninggalkan klub) yang telah mencuri perhatian para pencinta sepakbola diseluruh dunia.

Mereka ialah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Cristiano Ronaldo gabung Juventus per musim panas 2018). Akibat persaingan inilah yang membuat pendukung kedua tim saling benci satu sama lain.

2. Manchester United

Manchester United

Manchester United sempat mendominasi Liga Inggris di era Sir Alex Ferguson. Namun, dominasi itu perlahan-lahan runtuh ketika Chelsea tumbuh, plus kehadiran sang tetangga, Manchester City.

Sejak dimiliki oleh miliarder asal Uni Emirat Arab pada 2008, Manchester City mampu menjadi pesaing bagi Setan Merah di Liga Inggirs. Man City pun mengambil alih dominasi juara Liga Inggris belakangan ini.

Tentunya, hal itu menimbulkan rasa kebencian dari masing-masing penggemar klub tersebut. Baik itu fans Man City kepada United, atau sebaliknya. Akan tetapi, Setan Merah juga mempunyai rival abadi lain, yakni Liverpool.

1. Barcelona

Barcelona

Barcelona merupakan klub yang memiliki musuh paling banyak. Pengaruh Lionel Messi di Barcelona begitu luar biasa sehingga ketika Anda bukan penggemarnya, pasti akan menentangnya. Belakangan ini, di atas tahun 2015 Blaugrana selalu mengalami kesulitan untuk menjuarai kompetisi paling bergengsi di Benua Eropa.

Namun, sebelum itu, atau di era kepelatihan Josep Guardiola dan Luis Enrique, Barcelona begitu mendominasi sepakbola Eropa. Hal itu yang membuat mereka memiliki banyak musuh.

Satu lagi, Barcelona sedang jadi sorotan saat ini. Sebab, mereka tak kunjung memperpanjang kontrak sang megabintang yang habis pada 30 Juni 2021, Lionel Messi. Alhasil, Lionel Messi saat ini berstatus tanpa klub alias pengangguran.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini