Greenpeace Minta Maaf atas Insiden Parasut di Piala Eropa 2020

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 51 2426684 greenpeace-minta-maaf-atas-insiden-parasut-di-piala-eropa-2020-iOIkAYs5Uf.jpg Insiden parasut dalam pertandingan Prancis kontra Jerman (Foto: Reuters)

MUNICH – Organisasi Internasional di bidang lingkungan hidup, Greenpeace, meminta maaf atas aksi dari aktivis paraglider di Piala Eropa 2020. Aktivis itu terjun dengan parasut warna kuning, berisikan tulisan provokasi, ke stadion yang membahayakan keselamatan penonton lainnya.

Kejadian itu terjadi sebelum pertandingan kedua Grup F Piala Eropa 2020 antara Prancis dengan Jerman berlangsung. Sebelum mendarat di stadion Allianz Arena, aksi aktivis itu melukai dua orang di tribun.

Insiden parasut dalam pertandingan Prancis vs Jerman (Foto: Reuters)

“Kami dengan tulus meminta maaf kepada dua orang yang terluka dan juga kepada para penggemar dan pemain,” bunyi pernyataan Greenpeace, dikutip dari Mirror, Kamis (17/6/2021).

BACA JUGA: Bantai Swiss 3 Gol, Performa Menghibur Timnas Italia Tuai Pujian

“Pemrotes (aktivis) itu mengenakan parasut yang memiliki tulisan ‘KICK OUT OIL!’ dan ‘Greenpeace’ di atasnya. Paraglider seharusnya melewati stadion dan membiarkan bola lembut melayang ke lapangan dengan pesan protes kepada sponsor Piala Eropa 2020, VolksWagen,” sambung pernyataan itu.

“Kami menyerukan untuk mengakhiri produksi mobil mesin pembakaran internal yang merusak iklim dan transisi ke EV (electric vehicle) lebih cepat. Kendala teknis memaksa aktivis melakukan pendaratan darurat di stadion. Kami (berjanji) akan melakukan segala yang kami bisa untuk meyelesaikan kejadian ini,” lanjut Greenpeace.

Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) pun mengecam tindakan aktivis yang justru mencelakakan orang lain. UEFA menegaskan otoritas hukum setempat akan mengambil langkah yang diperlukan.

Insiden parasut dalam pertandingan Prancis vs Jerman (Foto: Reuters)

“Tindakan ugal-ugalan ini bisa memiliki konsekuensi yang sangat serius bagi sejumlah besar orang yang hadir, dapat menyebabkan cedera pada beberapa orang yang menghadiri pertandingan, dan sekarang (korban) berada di rumah sakit. Otoritas hukum akan mengambil tindakan yang diperlukan,” pernyataan UEFA.

Sementara itu, Jerman harus menerima kekalahan 0-1 dari Prancis. Gol kemenangan Prancis tercipta berkat bunuh diri Mats Hummels pada menit ke-20.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini