Timnas Indonesia vs Thailand, Aroma Piala Dunia 2018 Tercium Jelas

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 51 2418933 timnas-indonesia-vs-thailand-aroma-piala-dunia-2018-tercium-jelas-N6xcpgetdr.jpg Timnas Indonesia siap hadapi Thailand. (Foto: PSSI)

DUBAI – Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Kamis 3 Juni 2021 pukul 23.45 WIB. Laga dilangsungkan di tempat netral, tepatnya di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab.

Duel Timnas Indonesia vs Thailand kali ini menjadi sorotan. Selain karena rivalitas kedua negara, juga faktor keberadaan sosok pelatih di kubu masing-masing.

Shin Tae-yong

(Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong)

Di kubu Indonesia terdapat Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan. Sementara Thailand mempunyai pelatih asal Jepang, Akira Nishino.

Aroma Piala Dunia 2018 pun tercium jelas dari keduanya. Hal itu tidak mengherankan, mengingat Shin Tae-yong dan Akira Nishino sama-sama membawa tim asuhannya masing-masing tampil di Piala Dunia 2018.

Saat itu, Shin Tae-yong menangani Timnas Korea Selatan, sedangkan Akira Nishino membesut Timnas Jepang. Namun, baik Shin Tae-yong dan Akira Nishino tidak berkontribusi besar atas kelolosan sang negara masing-masing ke Piala Dunia 2018.

BACA JUGA: Kabar Terkini Timnas Indonesia: Shin Tae-yong Pulangkan Nurhidayat

Shin Tae-yong hanya membawahi Timnas Korea Selatan di dua laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia. Padahal, sebelumnya Korea Selatan lebih dulu melewati babak kedua sebelum melakoni 10 laga di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Akira Nishino lebih parah lagi. Ia baru ditunjuk menangani Jepang dua bulan sebelum Piala Dunia 2018! Akira Nishino menggantikan Vahid Halilhodzic yang dipecat pada April 2018.

Akira Nishino

(Pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino)

Meski baru membesut Jepang pada April 2018, Akira Nishino mampu membuat Shinji Okazaki dan kawan-kawan tampil solid. Jepang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018 dengan status runner-up Grup B.

Jepang bahkan hampir lolos ke perempatfinal setelah sempat unggul 2-0 atas Belgia. Sayangnya karena lengah, Belgia yang lolos ke perempatifnal setelah membalikkan kedudukan menjadi 3-2.

Bagaimana dengan Shin Tae-yong? Shin Tae-yong gagal meloloskan skuad Taeguk Warriors ke 16 besar. Namun, ia membawa Korea Selatan menang 2-0 atas Jerman di laga terakhir fase grup. Jadi, siapa yang akan memenangkan duel nanti, Indonesia atau Thailand?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini