Penyebab Cristiano Ronaldo Pensiun di Sporting Lisbon

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 51 2406051 penyebab-cristiano-ronaldo-pensiun-di-sporting-lisbon-2tNo8edB9l.jpg Cristiano Ronaldo pensiun di Sporting Lisbon? (Foto: Twitter/@juventusfc)

CRISTIANO Ronaldo kencang dikabarkan akan mengakhiri karier sepakbolanya bersama klub masa kecilnya, Sporting Lisbon. Menurut Jurnalis Italia, Claudio Raimondi, Cristiano Ronaldo akan pindah ke Sporting Lisbon ketika kontraknya bersama Juventus berakhir pada 30 Juni 2022.

“Kembali ke Spanyol, Real Madrid bukanlah hipotesis yang konkret. Sementara Manchester United tidak memiliki kekuatan secara ekonomi untuk melakukan operasi ini (mendatangkan Cristiano Ronaldo),” kata Raimondi mengutip dari 101 Great Goals.

Cristiano Ronaldo

“Tidak ada syarat bagi Ronaldo untuk meninggalkan Juventus, terutama karena alasan pribadi dan sponsor. Ronaldo ingin mengakhiri kontraknya di Juventus dan kemudian bermain dua tahun untuk Sporting Lisbon,” lanjut Raimondi.

Sekarang yang jadi pertanyaan, apa alasan utama Cristiano Ronaldo ingin menutup kariernya di Sporting Lisbon? Sekadar informasi, dari empat klub yang pernah dibela, hanya Sporting Lisbon yang belum pernah dibawa Cristiano Ronaldo juara liga domestik.

Ketika Cristiano Ronaldo membela tim senior Sporting Lisbon pada 2002-2003, klub yang identik dengan warna putih-hijau itu hanya finis di posisi tiga Liga Portugal dengan 56 poin, terpaut 27 angka dari FC Porto racikan Jose Mourinho selaku tim juara.

BACA JUGA: 5 Kandidat Peraih Trofi Ballon dOr 2021 hingga Mei, Siapa Menang?

Padahal di musim sebelumnya, Sporting Lisbon keluar sebagai kampiun Liga Portugal 2001-2002. Sekadar informasi, 2001-2002 merupakan terakhir kali Sporting Lisbon juara Liga Portugal. Lepas musim tersbut, Sporting Lisbon hanya berkutat di posisi tiga ke bawah.

Namun, kejutan ditunjukkan skuad asuhan Ruben Amorim musim ini. Hingga pekan ke-30 Liga Portugal 2020-2021, Sporting Lisbon mengoleksi 76 angka, unggul enam poin dari FC Porto di tempat kedua.

Cristiano Ronaldo

(Crstiano Ronaldo saat bela Sporting Lisbon. (Foto: Istimewa)

Untuk menjadi juara, Pedro Goncalves dan kawan-kawan hanya membutuhkan tujuh poin dari empat pertandingan tersisa. Jadi, apakah meroketnya performa Sporting Lisbon, jadi alasan Cristiano Ronaldo balik ke Estadio Jose Alvalade?

Bukan tak mungkin, hal di atas salah satu faktor yang membuat Cristiano Ronaldo memutuskan menutup karier di Sporting Lisbon. Satu hal yang pasti, apresiasi layak diberikan kepada Cristiano Ronaldo.

Di usia yang sudah tak muda lagi untuk ukuran pesepakbola (36 tahun), Cristiano Ronaldo masih tampil tajam. Dari 40 pertandingan di semua kompetisi bersama Juventus, Cristiano Ronaldo mengemas 34 gol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini