Pemusatan Latihan Timnas Indonesia Hari Ini Diliburkan, Kenapa?

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 51 2405906 pemusatan-latihan-timnas-indonesia-hari-ini-diliburkan-kenapa-FUZmPBQi3a.jpg Suasana latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya. (Foto: PSSI)

JAKARTA Tim Nasional (Timnas) Indonesia sedianya menjalani pemusatan latihan hari kelima di Stadion Madya, Jakarta pada Rabu, (5/5/2021). Namun, karena satu hal, skuad yang untuk sementara dipimpin asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, diberi jatah liburan hari ini. Lantas, apa alasan sesi latihan Timnas Indonesia hari ini diliburkan?

Menurut informasi yang didapatkan tim MNC Portal Indonesia (MPI) dari Humas PSSI secara langsung di lokasi latihan kemarin, rencananya libur ini bertujuan untuk recovery pemain. Sebab, sesi latihan tahap selanjutnya akan berlangsung lebih keras.

Timnas Indonesia

Sebagaimana diketahui, pemusatan latihan (TC) dalam rangka persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini telah berlangsung sejak 1 Mei 2021 di Jakarta. Informasi yang tersebar ke khalayak, TC ini akan berlangsung 10 hari hingga 10 Mei 2021.

Namun, ketika MPI konfirmasi langsung kepada pihak Humas PSSI di lokasi latihan, pemusatan latihan ini berlangsung hingga 16 Mei 2021. Kemudian, pada 17 Mei 2021, Evan Dimas dan kawan-kawan diberangkatkan menuju Uni Emirat Arab.

Uni Emirat Arab merupakan tuan rumah sentralisasi lanjutan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang digelar awal Juni 2021. Namun, sebelum itu, di tempat yang sama, Timnas Indonesia akan melakoni dua laga uji coba lebih dulu.

BACA JUGA: Cedera Hamstring, Asnawi Mangkualam Terancam Tak Bisa Latihan Bareng Timnas Indonesia

Uji coba pertama melawan Afghanistan pada 25 Mei. Kemudian melawan Oman pada 29 Mei 2021 mendatang.

Selama 16 hari jadwal yang direncanakan tersebut, pelatih Shin Tae-yong memang menyediakan waktu libur bagi para pemain. Namun, itu semua masih bersifat fleksibel, tergantung bagaimana kondisi pemain dalam latihan rutin sebelumnya.

Timnas Indonesia

Selama empat hari latihan ini, para penggawa Timnas Indonesia telah menjalani latihan dengan intensitas ringan ke sedang. Hal ini sengaja dilakukan karena tujuannya untuk mengembalikan kebugaran pemain setelah lama tak latihan.

Mulai besok, intensitas akan semakin dinaikkan dan masuk ke bagian taktik dan strategi. Tak hanya itu, pemain yang belum bergabung sebelumnya, rencananya juga ikut latihan besok.

"Program dari coach Shin Tae-yong yakni empat hari pertama yakni peningkatan fisik, setelah itu taktikal dan strategi. Harapannya saat masuk materi latihan taktikal dan strategi, pemain sudah siap mengikuti," kata Asisten Pelatih Timnas, Nova Arianto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini