Kedatangan Jose Mourinho Hal Positif bagi Sepakbola Italia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 47 2405930 kedatangan-jose-mourinho-hal-positif-bagi-sepakbola-italia-vgb86NSvBX.jpg Jose Mourinho. (Foto/Reuters)

ROMA Jose Mourinho kembali ke Italia. Dia sepakat melatih AS Roma pada Selasa, 4 Mei 2021 menggantikan Paulo Fonseca yang memilih mundur pada akhir musim 2020-2021 karena tak mencapai kesepakatan dengan manajemen.

Mourinho secara resmi akan mengasuh Il Lupi pada musim depan. Pelatih asal Portugal itu terikat melatih Roma selama tiga musim atau hingga akhir pada 2024.

Foto/Reuters

Pada pernyataan pertama, Jose Mourinho dengan gaya khasnya sudah memulai perang psikologis. Dia dengan sedikit angkuh akan membangun proyek kemenangan untuk Roma.

Baca juga: Latih AS Roma, Mourinho Dapat Hyundai Santa Fe Sebagai Tunggangan Baru

Pelatih berusia 58 tahun memang boleh sedikit jemawa. Catatan rekor dia di Italia sangat bersinar.

Baca juga: Jose Mourinho Langsung Beri Dampak Positif untuk Saham Roma

Mourinho pernah melatih Inter Milan medio 2008-2010. Meski terbilang singkat, sejarah trofi yang dipersembahkan Mourinho bertahan selamanya. Dia memberikan tiga raihan juara pada musim 2009-2010.

Inter bersutan Mourinho meraih tiga torfi sekaligus. Juara Liga Italia, trofi Coppa Italia dan gelar juara Liga Champions. Hingga saat ini belum ada pelatih, yang mampu menyamai pencapaian Mourinho saat mengasuh klub Italia.

Diego Milito, salah satu anak asuh Jose Mourinho saat Inter meraih treble, turut senang dengan eks bosnya tersebut. Menurut dia, kehadiran Mourinho memberi dampak baik bagi sepakbola Italia. Namun, dia sebenarnya sangat ingin pelatih yang dipecat Tottenham Hotspur itu kembali ke Inter.

"Kedatangan Mourinho adalah hal yang sangat positif bagi sepakbola Italia, bukan hanya untuk Roma,” ujarnya mengutip Sky Sports, Rabu (5/5/2021).

“Saya ingin sekali dia kembali ke Inter, kami fans Inter sangat mencintainya dan selalu berharap dia mendapatkan yang terbaik di manapun dia melatih. Kecuali melawan Inter dan melawan Genoa, untuk saya, tapi saya mendoakan semoga dia mendapat sukses besar,” tutur Milito yang berseragam Inter 2009-2014.

Milito mengungkapkan kelebihan Mourinho. Dia mengakui bahwa eks bosnya tersebut ahli meningkatkan kualitas para pemainnya.

Foto/Inter Milan

“Memiliki pelatih seperti dia memungkinkan Anda membuat lompatan dalam kualitas dan dia pasti akan melakukan pekerjaan dengan baik karena dia tahu bagaimana dekat dengan para pemain,” tuturnya.

“Dia tahu bagaimana mengatur setiap momen, memahami emosi para pemain dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia.”

“Saya jelas tidak menyangka dia akan kembali ke Italia sekarang, beritanya sedikit mengejutkan. Saya bekerja dengan Mourinho? Saya sangat menghormatinya, tetapi kami tidak pernah membicarakannya," pungkas Milito.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini