Tuchel Kesal, Liga Super Eropa Bikin Chelsea Gagal Menang

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 45 2398291 tuchel-kesal-liga-super-eropa-bikin-chelsea-gagal-menang-9fMnUAIu2B.jpg (Foto: Reuters)

LONDON Chelsea harus puas bermain imbang tanpa gol dalam laga melawan Brighton and Hove Albion, Rabu (21/4/2021) dini hari WIB. Hal ini pun membuat Pelatih Chelsea Thomas Tuchel kesal.

Pasalnya, Tuchel berpendapat permainan Chelsea terpengaruh pemberitaan seputar Liga Super Eropa atau European Super League (ESL) mengganggu persiapan timnya jelang laga tersebut.

Chelsea memang menjadi salah satu klub yang digadang-gadang berpartisipasi dalam Liga Super Eropa atau ESL ini. Bersamanya lima klub besar liga Inggris seperti Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, Manchester United, dan Manchester City turut gabung.

Baca juga: Komentari Liga Super Eropa, Guardiola: Ini Bukan Olahraga!


Baca juga: Real Madrid dan Juventus Dua Klub Tersisa di Liga Super Eropa 


Belum genap sehari, keputusan itu langsung menuai protes banyak pihak termasuk para penggemar hingga menimbulkan aksi demonstrasi di Inggris. Alhasil, Chelsea mengurungkan niatnya dan resmi menarik diri dari keikutsertaan dalam liga “tandingan” tersebut usai laga melawan Brighton hari ini.

Tuchel menilai pemberitaan yang timbul terkait ESL terlalu besar sehingga mengganggu fokus klubnya dalam mempersiapkan diri untuk berlaga. Ia pun menilai pertanyaan-pertanyaan wartawan yang kerap dilontarkan kepadanya tak ada hubungannya dengan pertandingan.

“Saya jelas tidak senang, dan itu bisa terjadi bahkan jika kami memiliki persiapan terbaik,” kata Tuchel kepada BBC Sport.

"Situasinya tidak jelas. Saya diberi tahu seperti apa yang Anda tahu. Anda sama sekali tidak bertanya kepada saya tentang pertandingan itu. Anda mempersiapkan pertandingan, tetapi aneh bahwa tidak ada yang membicarakannya,” ujar Tuchel dengan nada kesal. 

Mantan pelatih Paris Saint-Germain dan Borussia Dortmund ini pun melihat sedikit banyak pikirannya maupun para pemain terpecah dengan santernya berita ini. Ia pun tak memungkiri hal itu menjadi salah satu penyebab Chelsea tak mampu tampil maksimal dalam laga ini.

"Saya terpengaruh, jadi saya pikir para pemain juga terpengaruh. Kami tidak membicarakan hal lain selain Liga Super sebelum pertandingan. Tidak ada yang bertanya tentang pertandingan sebelumnya. Seperti ini. Anda harus menerima gangguan itu. Kami mencoba menciptakan atmosfer untuk memenangkan pertandingan tetapi tidak bisa,” tandasnya.

Dengan hasil ini, Chelsea kembali tertahan di posisi keempat klasemen sementara dengan 55 poin. Poin sama dengan West Ham di urutan kelima namun unggul selisih gol.

Chelsea juga sudah memublikasikan rilis resminya mundur dari ESL beberapa jam usai pertandingan selesai, “Seperti diberitakan awal malam ini, Chelsea Football Club bisa mengonfirmasi bahwa sudah memulai prosedur resmi penarikan diri dari grup yang menyusun rencana Liga Super Eropa,” tulis laman resmi Chelsea.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini