Liverpool vs Chelsea, Begini Taktik Thomas Tuchel Menang 2 Kali Atas Jurgen Klopp

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 45 2372348 liverpool-vs-chelsea-begini-taktik-thomas-tuchel-menang-2-kali-atas-jurgen-klopp-eG9COCSo6S.jpg Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp. (Foto/Bundesliga)

LIVERPOOL Liga Inggris 2020-2021 pekan ke-27 akan mempertemukan dua tim besar. Chelsea akan bertandang ke Stadion Anfield, markas Liverpool, Jumat 5 Maret 2021 dini hari WIB. Sejauh ini, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp unggul jauh saat melawan Thomas Tuchel, yang kini melatih Chelsea.

Klopp dan Tuchel merupakan pelatih asal Jerman. Keduanya pernah menangani klub yang sama, yakni Mainz 05 dan Borussia Dortmund.

Tuchel sudah dua kali menggantikan peran yang ditinggalkan Jurgen Klopp saat berada di Jerman. Pertama, saat Klopp pindah dari Mainz 05 menuju Borussia Dortmund. Tuchel direkrut untuk menangani Mainz 05.

Foto/Reuters

Begitu juga saat Jurgen Klopp hengkang menuju Liverpool. Thomas Tuchel langsung menggantikan peran “seniornya” tersebut.

Baca juga: Klopp Sadar Chelsea Punya Hasrat Besar untuk Kalahkan Liverpool

Sejauh ini, Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel telah bertemu sebanyak 14 kali dengan beberapa klub berbeda. Dari jumlah laga tersebut, Tuchel hanya berhasil menang dua kali atas Jurgen Klopp.

Baca juga: Tuchel Pastikan Chelsea Tampil Menyerang di Markas Liverpool

Kemenangan Tuchel atas Klopp pertama kali terjadi saat dirinya mengasuh Mainz 05. Bertemu Borussia Dortmund di Liga Jerman 2009-2010, Mainz 05 asuhan Tuchel menang 1-0 di kandang mereka. Saat itu, Tuchel menurunkan formasi 4-4-2 double 6, yakni menggunakan dua gelandang bertahan.

Kemudian hasil positif Tuchel atas Jurgen Klopp terjadi saat dia melatih Paris Saint Germain, sedangkan Klopp sudah melatih Liverpool. Bertemu di Liga Champions di fase grup Liga Champions 2018-2019, Tuchel juga memainkan formasi 4-4-2 double 6. Hasilnya, timnya menang dengan skor 2-1 di Stade de Princes.

Sementara saat di Chelsea, Thomas Tuchel selalu mengandalkan formasi dengan tiga bek. Terakhir, saat menjamu Man United, dia menerapkan skema 3-4-2-1. Tuchel sejauh ini juga berhasil membawa Chelsea terhindar dari kekalahan dalam 9 laga di semua kompetisi.

Foto/Reuters

Menjelang laga, Thomas Tuchel memberikan sanjungan pada Jurgen Klopp. Dia menyebut, Klopp sosok yang jenius.

“Ketika Anda memasuki kompetisi Liga Inggris, tidak hanya klub terbaik tetapi juga ada pelatih terbaik di dunia. Salah satunya adalah Jurgen tentunya, dan dia telah membuktikannya di banyak klub,” puji Tuchel mengutip Metro, Kamis (4/3/2021).

"Itu membuat saya bangun lebih awal karena merupakan tantangan bagi saya untuk bertanding melawan dia. Dia jenius tetapi pada akhirnya kami tidak akan bertemu untuk permainan tenis. Kami bermain dengan tim kami dan kami harus bersiap,” sambungnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini