Cristiano Ronaldo Tolak Rp102 Miliar dari Arab Saudi, Kenapa?

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 06:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 47 2365972 cristiano-ronaldo-tolak-rp102-miliar-dari-arab-saudi-kenapa-m0gtO5G9ql.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

MEGABINTANG Juventus, Cristiano Ronaldo, adalah salah satu pesepakbola tersohor di dunia. Popularitas pemain asal Portugal itu membuatnya menjadi salah satu sosok yang kerap diincar untuk dijadikan bintang iklan.

Cristiano Ronaldo pun menerima tawaran luar biasa besar dari Arab Saudi untuk menjadi wajah pariwisata salah satu negara Teluk Persia tersebut. Menurut laporan The Telegraph yang dikutip The Sun, Senin (22/2/2021), Arab Saudi akan membayar Cristiano Ronaldo sebesar 5,2 juta poundsterling (sekira Rp102 miliar) jika mau menerima tawaran tersebut.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Namun, laporan itu pun menyebutkan, bahwa CR7 -julukan Cristiano Ronaldo- menolak tawaran tersebut. Penolakan Cristiano Ronaldo kemungkinan besar berhubungan dengan beberapa kasus Hak Asasi Manusia (HAM) yang diduga berkaitan dengan Arab Saudi.

Salah satu kasus pelanggaran HAM yang diduga berkaitan dengan Arab Saudi adalah pembunuhan seorang jurnalis bernama Jamal Khashoggi. Pembunuhan itu membuat heboh dunia pada 2018 silam.

BACA JUGA: Panas, Intip Potret Teranyar Georgina Rodriguez di Instagram

Jamal Khashoggi terakhir kali terlihat memasuki Konsulat Arab Saudi di Turki pada 2 Oktober 2018. Sejak saat itu, Jamal Khashoggi tidak pernah lagi terlihat.

BACA JUGA: Gemar Olahraga, Maria Vania dan Wanda Nara Sama-Sama Punya Body Goals

Pejabat Turki meyakini tubuh Jamal Khashoggi telah dimutilasi dan dibuang. Jasad Jamal Khashoggi pun tidak ditemukan hingga kini.

Selain itu, ada kasus pelanggaran HAM lain yang diduga juga berkaitan dengan Arab Saudi. Hal itu membuat semua tindakan Arab Saudi mendapatkan sorotan dari publik internasional.

Beberapa pihak memperkirakan Arab Saudi sengaja menjadikan olahraga sebagai sarana untuk menyamarkan keluhan dunia internasional pada mereka. Pemerhati Hak Asasi Manusia dan Amnesti International merupakan dua organisasi yang kerap berselisih paham dengan Arab Saudi.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Sementara itu, beberapa acara olahraga besar yang sempat digelar di Arab Saudi adalah pertarungan Anthony Joshua kontra Andy Ruiz Jr jilid II pada 2019 dan Piala Super Spanyol pada 2020. Arab Saudi pun menjadi tuan rumah cadangan untuk Formula One (F1) 2021.

Meski beberapa pihak mengkritik Arab Saudi, salah satu negara Teluk Persia itu tidak menyerah untuk memperbaiki citranya di mata dunia internasional. Arab Saudi bahkan dikabarkan ingin menggaet rival abadi Cristiano Ronalo, Lionel Messi, untuk menjadi wajah pariwisata negaranya setelah gagal merekrut Cristiano Ronaldo.

Namun, La Pulga -julukan Lionel Messi- belum memberi jawaban atas tawaran Arab Saudi. Lionel Messi mungkin butuh waktu untuk memikirkan tawaran tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini