Dipecat Chelsea, Frank Lampard Kena Karma Andre Villas-Boas?

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 45 2351182 dipecat-chelsea-frank-lampard-kena-karma-andre-villas-boas-bTrjAVuWIx.jpg Andre Villas-Boas. (Foto/FIFA)

LONDON - Frank Lampard dipecat Chelsea setelah timnya mengalami kekalahan lima dalam delapan pertandingan di terakhir Liga Inggris 2020-2021. Hasil tersebut membuat klub asal London itu bertengger di posisi kesembilan dalam klasemen Liga Inggris.

Lampard sebelumnya mengantarkan Chelsea finis empat besar Liga Inggris musim lalu dan masuk final Piala FA saat debutnya pada musim 2019-2020. Namun, dia tidak berhasil mengeluarkan kemampuan terbaik skuadnya meski Chelsea sudah mengeluarkan lebih dari 220 juta pound untuk membeli pemain-pemain baru.

Foto/Reuters

Lampard didepak dari kursi kepelatihan kurang dari 24 jam setelah Chelsea mengalahkan Luton Town 3-1 pada Minggu 24 Januari 2021. Kemenangan tersebut membuat timnya berhak mencapai babak kelima Piala FA 2020-2021.

Baca juga: Thomas Tuchel Tipe Pelatih yang Berani Melawan Atasan

Lampard kembali ke Stamford Bridge pada musim panas 2019 dan membawa The Blues finis di urutan keempat Liga Inggris 2019-2020. Bahkan dia mencapai final Piala FA meskipun mereka terkena embargo transfer.

Namun demikian, dana lebih dari 200 juta paun untuk mendatangkan pemain mmeberikan tekanan kepada Lampard. Lima kekalahan dalam delapan pertandingan tidak ditoleransi oleh pemilik Chelsea, Roman Abramovich.

Lampard sebenarnya sangat menyadari karakter Abramovich yang kerap memecat pelatih Chelsea.. Pasalnya, Lampard pernah bermain di bawah sembilan pelatih berbeda selama dia bermain di Chelsea. Saat Andre Villas melatih, Lampard memiliki memori yang buruk dengan pelatih asal Portugal tersebut.

Andre Villas Boas (AVB) datang ke Stamford Bridge pada 2011. Hanya saja dia tak bisa bertahan kurang setahun, Chelsea hanya meraih tiga kemenangan dalam 12 pertandingan.

Laporan pada saat itu ada salah satu pemain yang tak menunjukkan hormat kepada AVB yang berusia 34 tahun. Lampard menjadi satu dari pemain senior Chelsea yang memilik masalah dengan AVB.

Foto/Sky Sports

“AVB telah memainkan kartunya dan itu tidak berhasil. Saya tidak tahu apakah dia terlalu muda atau peluang datang terlalu dini untuknya,” katanya dalam wawancara pada 2014 dengan The Sun.

“Saya benar-benar jujur. Oke, AVB dan saya tidak terlalu dekat tetapi saya tidak perlu dekat dengan manajer saya, tetapi saya jelas bukan tipe yang suka bertingkah," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini