Pepet Man United, Guardiola Belum Mau Bicara Peluang Juara

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 45 2346481 pepet-man-united-guardiola-belum-mau-bicara-peluang-juara-fmF4KUOr7c.JPG Pep Guardiola berbincang dengan anak asuhnya (Foto: Reuters/Peter Powell)

MANCHESTER – Diam-diam, Manchester City mulai merangkak naik ke papan atas klasemen Liga Inggris 2020-2021. The Citizens kini hanya berjarak dua angka saja dari rival sekota Man United di puncak klasemen. Akan tetapi, Josep ‘Pep’ Guardiola masih enggan bicara soal peluang juara.

Nyaris sama seperti Man United, Man City mengawali musim 2020-2021 dengan sedikit terseok-seok. Mereka bahkan sempat berkutat di papan tengah. Memasuki Desember 2020 hingga Januari 2021, Sergio Aguero dan kolega perlahan merangsek ke papan atas.

Man City kini mengoleksi 35 angka dari 17 pertandingan. Dengan satu laga tabungan, tentu saja peluang mereka mengudeta posisi Man United di puncak klasemen amat besar. Namun, belum diketahui kapan laga tunda kontra Everton itu akan digelar.

Baca juga: Ya Tuhan! Paul Pogba Seharusnya Cetak Gol

Suasana laga Man City vs Crystal Palace (Foto: Reuters)

Karena hal tersebut, Pep Guardiola memilih tetap menghindar dari pertanyaan soal menjadi juara. Ia ingin agar anak asuhnya fokus menjalani setiap pertandingan di Liga Inggris 2020-2021 hingga selesai nantinya.

“Saya tidak mau mengirim pesan apa pun. Kami akan menghadapi Aston Villa pada Kamis (21 Januari 2021). Untuk saat ini, kami fokus dari satu laga ke laga lainnya,” tutur Pep Guardiola, disitat dari Goal, Senin (18/1/2021).

“Beberapa pekan lalu, kami tertinggal jumlah poin yang cukup besar dari Liverpool lalu kami memenangi beberapa laga. Itu yang harus kami lakukan. Sekarang waktunya minum anggur dan mulai berpikir soal Aston Villa,” imbuh pria berkebangsaan Spanyol itu.

Kewaspadaan Pep Guardiola sungguh beralasan. Ia tidak mau menaruh beban dan ekspektasi tinggi terhadap anak asuhnya pada titik ini. Sebab, Liga Inggris 2020-2021 baru berlangsung hampir setengahnya. Masih ada sekira 20 laga tersisa hingga akhir musim.

Agak aneh memang melihat sikap Pep Guardiola dan Man City soal peluang juara di Liga Inggris 2020-2021. Mereka biasanya begitu percaya diri masuk dalam daftar kandidat peraih titel. Namun, hingga kini, segenap personel Man City terlihat adem-ayem saja.

Man City perlahan mulai merangsek (Foto: Reuters)

Sikap Man City tersebut bisa jadi ada kaitannya dengan penundaan laga-laga yang melanda Liga Inggris 2020-2021 akibat pandemi Covid-19. Manchester Biru sendiri sudah pernah merasakannya ketika pertandingan melawan Everton harus ditunda.

Ketidakpastian yang tercipta di tengah pandemi mau tidak mau memaksa setiap kesebelasan untuk fokus dari satu laga ke laga lainnya. Salah-salah, mereka malah bakal perlahan melorot di papang klasemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini