Liverpool vs Man United, Ketiadaan Suporter Untungkan Setan Merah

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 45 2345833 liverpool-vs-man-united-ketiadaan-suporter-untungkan-setan-merah-mx8L35nOtz.jpg Man United diuntungkan ketiadaan suporter (Foto: Twitter/@ManUtd)

MANCHESTER – Atmosfer neraka yang kerap diciptakan suporter Liverpool saban menjamu Manchester United di Stadion Anfield takkan terlihat pada Minggu (17/1/2021) malam WIB. Menurut Ole Gunnar Solskjaer, ketiadaan Kopites bakal sedikit memberi keuntungan bagi Setan Merah.

Sudah lama sejak Liverpool tidak merasakan kekalahan di Stadion Anfield pada ajang Liga Inggris. Hasil negatif itu terakhir kali didapat saat menjamu Crystal Palace pada 23 April 2017 dengan skor 1-2. Nyaris empat tahun kemudian, belum ada kesebelasan yang bisa menaklukkan Si Merah di kandangnya.

Kesempatan itu kini dimiliki Manchester United. Beruntung bagi Iblis Merah, Stadion Anfield kali ini tidak akan disesaki penonton. Ribuan penonton yang sebelumnya diperkenankan hadir sepanjang Desember 2020, terpaksa menyaksikan laga dari televisi.

Baca juga: Kalah dari Man United Jadi Mimpi Buruk bagi Liverpool

Stadion Anfield kosong melompong

Mantan Manajer Man United, Sir Alex Ferguson, pernah mengakui atmosfer neraka yang diciptakan pendukung Liverpool menjadi tantangan utama setiap bermain di Stadion Anfield. Ole Gunnar Solskjaer setuju dengan pendapat itu. Maka, ketidakhadiran penonton diyakini menguntungkan anak asuhnya.

“Menurut saya, sepakbola dan hasil-hasil yang dicatat secara umum dalam setahun ke belakang, menunjukkan betapa pentingnya (kehadiran) penggemar. Kami sudah tidak merasakan kekalahan (di kandang lawan) sejak di Anfield tahun lalu,” ujar Ole Gunnar Solskjaer, mengutip dari laman resmi Man United, Minggu (17/1/2021).

“Tentu saja, dibandingkan tahun lalu ketika kami datang ke Anfield yang sesak dengan penonton, ini akan menjadi keuntungan. Sebab, bermain di kandang dengan kehadiran pendukung adalah perasaan terbaik bagi pemain mana pun,” sambung pria berkebangsaan Norwegia itu.

Kebetulan, kemenangan terakhir Man United atas Liverpool di Stadion Anfield terjadi tepat lima tahun lalu. Ketika itu, Man United menang tipis 1-0 berkat gol tunggal Wayne Rooney di menit 78.

Rekor Man United ketika bertandang ke Anfield juga tidak buruk-buruk amat. Juara 20 kali Liga Inggris itu sukses merebut 25 kemenangan dari total 86 pertemuan. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan kemenangan Liverpool di Stadion Old Trafford.

Man United jagoan tandang (Foto: Reuters)

Berkaca pada pertemuan, Liverpool sudah menjamu Man United di Anfield sebanyak sembilan kali pada bulan Januari. Dari sembilan pertemuan di Liga Inggris itu, kubu tamu sukses mencatatkan dua kali kemenangan, dan empat kali kalah, sementara sisanya imbang.

Dengan rekor impresif di laga tandang selama setahun terakhir, Man United jelas bakal mengancam catatan tidak terkalahkan Liverpool di Anfield. Apalagi, skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer relatif terbebas dari masalah cedera dan larangan bermain sehingga bisa menurunkan kekuatan penuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini