Dituduh Ubah Bio Instagram Gara-Gara Cristiano Ronaldo, Pele Ungkap Kekesalan

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 51 2340583 dituduh-ubah-bio-instagram-gara-gara-cristiano-ronaldo-pele-ungkap-kekesalan-CXRw9RZIGp.jpg Cristiano Ronaldo dengan trofi Liga Italia. (Foto: Twitter/@cristiano)

PESEPAKBOLA legenda asal Brasil, Pele, mengaku tak pernah mengubah bio di akun Instagram-nya, @pele, perihal kata 1.283 gol. Pele menyebut sejak pertama kali membuat akun Instagram, ia sudah menulis bio 1.283 gol, yang mana menyematkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Pada Senin 4 Januari 2021 dini hari WIB, Cristiano Ronaldo mencetak dua gol saat Juventus menang 4-1 atas Udinese. Gol tersebut merupakan yang ke 757 dan 758 Cristiano Ronaldo semenjak mentas di level profesional pada 2002.

Pele

(Bio Instagram Pele yang memunculkan kontroversi)

Menurut catatan resmi FIFA, jumlah gol tersebut sudah melewati catatan Pele yang aktif sebagai pesepakbola profesional selama 21 tahun (1956-1977). Dalam periode tersebut, FIFA mencatat jumlah gol Pele adalah 757.

Hal itu berarti Cristiano Ronaldo melewati catatan Pele. Cristiano Ronaldo saat ini hanya kalah dari pesepakbola legenda Cekoslovakia, Josef Bican, yang mengemas 805 gol dalam kurun 1931-1955.

Setelah itu, jurnalis pun langsung menyerbu akun Instagram Pele. Harapannya di akun Instagram-nya, Pele memberi ucapan selamat, layaknya ketika Lionel Messi melewati jumlah golnya bersama Santos.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Bingung Berapa Jumlah Gol Josef Bican, 805 atau 759?

Namun, alih-alih melihat ucapan selamat Pele kepada Cristiano Ronaldo, jurnalis justru terkaget-kaget melihat Bio Instagram pria yang membawa Brasil tiga kali juara Piala Dunia tersebut. Dalam bio Instagram-nya tertulis bahwa Pele mengaku sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan koleksi 1.283 gol!

Pele pun geram ketika disebut jurnalis telah mengubah bio Instagram-nya, semenjak Cristiano Ronaldo melewati rekornya. Ia mengaku telah membuat bio tersebut sejak awal mula membuat Instagram.

Josef Bican

(Josef Bican pencetak gol terbanyak sepanjang masa)

“Saya dituduh pers telah mengubah bio Instagram saya untuk menutupi bintang-bintang besar yang memecahkan rekor saya. Bio itu selalu sama semenjak saya bergabung dengan platform ini,” tulis Pele di akun Twitter-nya, @pele.

Jika mengacu kepada pengakuan Pele di atas, itu berarti ada 526 gol yang tidak dihitung FIFA, namun masuk ke dalam penghitungannya. Menurut FIFA jika laga tidak resmi juga dihitung, jumlah gol Pele juga masih kalah dari Josef Bican.

“Legenda Brasil Pele memasukkan sejumlah gol yang dicetak dalam laga tidak resmi. Jika kami melakukan hal yang sama kepada Bican, jumlah golnya bisa mencapai 1.468 gol. Satu hal yang pasti, sulit memverikasi jumlah gol pasti, mengingat mereka bermain di era yang sangat-sangat lama,” tulis pernyataan FIFA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini