Perginya Lionel Messi Akan Bikin Barcelona Mengalami Penurunan Pemasukan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 46 2340227 perginya-lionel-messi-akan-bikin-barcelona-mengalami-penurunan-pemasukan-lIcctPTHjx.jpg Lionel Messi (Foto: Media Barcelona)

BARCELONA – Kontrak Lionel Messi bersama Barcelona akan berakhir pada 30 Juni 2021. Persoalannya, hingga saat ini pemain berjuluk La Pulga tersebut belum meneken kontrak baru, yang mana banyak membuat pendukung Blaugrana khawatir.

Beriringan dengan itu, isu mengenai kepindahan Messi dari Barca pun semakin santer terdengar. Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG) menjadi dua klub yang paling difavoritkan untuk mendapatkan jasa Messi karena mereka punya kekuatan finansial guna menggaji La Pulga.

Tak ayal, presiden Barcelona berikutnya pun memiliki tugas berat untuk meyakinkan Messi bertahan di kubu Blaugrana. Sosok Messi sendiri sejatinya masih sangat dibutuhkan di Barca. Selain karena kemampuan dan kharismanya, Messi juga membuat Barca mendapatkan pemasukan besar.

Baca juga: Takluk dari Juventus, AC Milan Justru Disebut Kandidat Scudetto

Lionel Messi

Sebagaimana diketahui, Messi merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah ada dalam sejarah. Basis penggemar Messi bahkan tersebar di berbagai penjuru dunia. Itulah mengapa penjualan jersey dan merchandise Barca yang berkaitan dengan Messi sangat laris pasaran.

Seandainya Messi meninggalkan Barca, maka pemasukan Blaugrana dari penjualan jersey dan merchandise lainnya jelas berkurang. Hal itu justru membuat keuangan Barca semakin sulit di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Kami tidak bisa melupakan bahwa Barcelona memiliki pendapatan yang lebih besar karena Messi. Dia adalah satu-satunya pemain di skuad yang, dengan kehadirannya, memastikan Barcelona memiliki nilai lebih dan pendapatan lebih,” ujar calon presiden Barca, Lluis Fernandez, dinukil dari Goal, Kamis (7/1/2021).

"Kami membutuhkan pendapatan, tetapi kami juga perlu mengelola struktur klub. Ada kebutuhan untuk merundingkan hutang. Tapi, tidak ada bahaya Barcelona dipaksa menjadi perusahaan terbatas. Para anggota bisa yakin tentang itu," sambungnya.

Lebih lanjut, Fernandez membicarakan soal strateginya jika berhasil terpilih sebagai presiden. Ia menginginkan agar Barca kembali mengandalkan pemain-pemain dari akademi. Karena, dalam beberapa tahun terakhir, Blaugrana lebih sering membeli ketimbang mengorbitkan pemain yang mereka produksi.

Barcelona

"Kami setuju bahwa Ronald Koeman harus diberi kesempatan. Kami perlu berbicara dengannya karena ada kebutuhan untuk memberikan kesempatan kepada para pemain dari akademi,” jelas Fernandez.

"Tidak ada pemain starter yang berasal dari La Masia sejak 2011, ketika Sergi Roberto melakukannya. Jadi, ada kebutuhan untuk berbicara dengan Koeman tentang ini dan tentang memberi peluang,” imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini