Coutinho Absen 4 Bulan, Liverpool Kehilangan Rp343 Miliar

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 21:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 46 2336620 coutinho-absen-4-bulan-liverpool-kehilangan-rp343-miliar-d312AnstXa.jpg Philippe Coutinho terduduk di lapangan (Foto: FC Barcelona)

BARCELONA – Kabar buruk menghampiri Barcelona. Playmaker andalan Philippe Coutinho dipastikan mengalami cedera lutut sehingga harus menepi minimal empat bulan lamanya. Selain buruk bagi Blaugrana, Liverpool juga bakal kena getahnya.

Kemalangan itu terjadi pada menit injury time laga Barcelona vs Eibar dalam lanjutan Liga Spanyol 2020-2021, Rabu (30/12/2020) dini hari WIB. Pelatih Ronald Koeman bahkan tidak bisa melakukan pergantian pemain karena jatah sudah habis.

Selepas pertandingan, Philippe Coutinho langsung menjalani pemeriksaan awal. Dalam pernyataan resminya, Barcelona menyebut gelandang berpaspor Brasil itu mengalami kerusakan pada otot meniskus di lutut kirinya.

Baca juga: Philippe Coutinho Masuk Daftar Jual Barcelona

Philippe Coutinho cedera lutut (Foto: FC Barcelona)

“Sang pemain tidak bisa menyelesaikan pertandingan setelah masuk sebagai pengganti di menit 66, karena cedera pada injury time babak kedua. Barcelona tidak bisa melakukan pergantian karena sudah memakai seluruh jatah,” bunyi pernyataan resmi klub, Rabu (30/12/2020).

“Tes yang dilakukan pada Philippe Coutinho menunjukkan sang pemain menderita cedera kerusakan otot meniskus di lutut kirinya. Dia akan menjalani operasi bedah dalam beberapa hari mendatang,” imbuh pernyataan resmi itu.

Cederanya pemain bernomor punggung 14 itu tidak hanya merugikan Barcelona, tetapi juga Liverpool. Si Merah batal mendapat tambahan dana ekstra hingga 18 juta poundsterling (setara Rp343 miliar), sesuai yang tertera dalam klausul transfer.

Seperti diketahui, Barcelona mengangkut Philippe Coutinho dari Liverpool pada Januari 2018 dengan mahar 130 juta poundsterling (setara Rp2,4 triliun) plus sejumlah add-ons. Klub raksasa Inggris itu masih bisa mendapat tambahan uang dari sejumlah klausul transfer.

Salah satunya adalah bonus penampilan yang dicatatkan Philippe Coutinho. Menurut Mirror, Liverpool berhak mendapatkan tambahan uang 18 juta poundsterling jika sang pemain sudah menyentuh angka 100 penampilan buat Barcelona.

Philippe Coutinho minim kontribusi (Foto: Reuters)

Hingga laga kontra Eibar, Philippe Coutinho tercatat sudah 90 kali tampil buat Barcelona. Hampir pasti catatan 100 penampilan tidak akan diraih dalam waktu dekat. Malah, pemain berusia 28 tahun itu bisa saja absen hingga akhir musim 2020-2021.

Kendati didatangkan dengan harga selangit, Philippe Coutinho terhitung minim kontribusi di Barcelona. Dari 90 kali tampil, pria kelahiran Rio de Janeiro itu hanya mengemas 23 gol dan 14 assist. Khusus pada musim 2020-2021 di semua kompetisi, Cou sudah menyumbang tiga gol dan dua assist dari 14 laga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini