Ronald Koeman Sesalkan Matthijs de Ligt Gabung Juventus

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 261 2323549 ronald-koeman-sesalkan-matthijs-de-ligt-gabung-juventus-3BuqchWCN1.jpg Matthijs de Ligt (Foto: Reuters)

BARCELONA Barcelona akan bersua Juventus di matchday keenam babak penyisihan Grup G Liga Champions 2020-2021. Pertandingan tersebut juga akan menjadi ajang reuni bagi Pelatih Barca, Ronald Koeman, dengan bek Juve, Matthijs de Ligt.

Sebagai informasi, sebelum ini Koeman dan De Ligt pernah bekerja sama di Timnas Belanda. Akan tetapi, sejak musim panas 2020 Koeman didapuk sebagai pelatih Barca. Maka dari itu, ia tak bisa menangani De Ligt lagi.

Koeman sendiri sudah mengakui De Ligt sebagai bek tengah paling potensial di dunia. Hal inilah yang kemudian disesalkan oleh Koeman karena mantan anak asuhnya tersebut justru membela Juve, bukannya Barca.

Baca juga: Pjanic Berharap Duel Barcelona vs Juventus Berakhir Imbang

Van Dijk dan De Ligt

De Ligt sejatinya diboyong Juve pada bursa transfer musim panas 2019. Ketika itu, Juve memenangkan persaingan atas Barca yang juga meminati De Ligt. Dalam berbagai kesempatan, De Ligt mengatakan bahwa bergabung dengan Juve adalah mutlak pilihannya sendiri.

Itulah mengapa Barca pada akhirnya hanya bisa gigit jari lantaran tidak berhasil mendapatkan tanda tangan De Ligt. Padahal, Blaugrana –julukan Barca- sangat membutuhkan sosok bek muda potensial agar regenerasi skuad berjalan lancar.

“Saya mengenalnya dengan baik. Dia memiliki pengalaman meski dia masih muda. Dia bisa menjadi yang terbaik di dunia. Dia juga orang yang baik,” ucap Koeman, sebagaimana dikutip dari Football Italia, Selasa (8/12/2020).

“Dia ingin berkembang setiap hari. Sayangnya, dia bermain untuk Juventus dan bukan untuk Barcelona bahkan jika sesuatu terjadi sebelum saya datang ke sini,” tukas pelatih 57 tahun tersebut.

Selain dengan Koeman, dalam pertandingan melawan Barca nanti De Ligt juga akan bereuni dengan mantan rekan setimnya di Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong. Mereka sejatinya adalah teman dekat dalam kehidupan sehari-hari.

De Ligt dan De Jong

Maklum saja, pasalnya mereka memang sudah lama saling mengenal, dan merupakan jebolan akademi sepakbola Ajax. Ketika sama-sama membela tim utama Ajax, De Ligt dan De Jong menjadi kunci utama dalam menjuarai Liga Belanda 2018-2019.

Penamplan keduanya pada musim tersebut semakin disorot karena berhasil juga mengantarkan Ajax melangkah hingga babak semifinal Liga Champions. Sayangnya, mereka harus tersingkir oleh Tottenham Hotspur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini