Keuangan Memburuk, Presiden Interim Barcelona Rela Jual Lionel Messi

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 00:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 46 2321302 keuangan-memburuk-presiden-interim-barcelona-rela-jual-lionel-messi-3KQDnPSARq.jpg Lionel Messi (Foto: Reuters)

BARCELONA – Presiden interim (sementara) Barcelona, Carles Tusquets, menyayangkan sikap klub yang enggan menjual Lionel Messi pada musim panas lalu. Imbasnya, Barcelona kini harus berjuang untuk bertahan di tengah krisis keuangan akibat pandemi Covid-19.

Setelah kepergian, Josep Maria Bartomeu, Tusquets bertugas sementara sebelum adanya presiden baru. Namun, Tusquets membuat pengakuan mengejutkan dengan lebih rela melepas Messi pada bursa transfer musim panas lalu dengan staus dijual.

Lionel Messi

Memang, musim panas lalu menjadi hal yang menggemparkan bagi Barcelona. Pasalnya pemenang Ballon dOr enam kali itu menginginkan pergi dari Camp Nou setelah merasa kecewa dengan manajemen klub di bawah pimpinan Bartomeu.

Akan tetapi, Barcelona bergerak cepat dengan menyatakan klausul lepas gratis dalam kontrak Messi tidak berlaku. Hal itu pun memaksa pemain berusia 33 tahun tersebut untuk menilai kembali pilihannya dan setuju tetap bertahan.

Baca juga Bukan Cuma Neymar, Semua Pemain PSG Harapkan Kedatangan Messi

Namun, masa jabatannya di Barcelona hanya akan berjalan hingga musim panas 2021 dan belum ada perpanjangan yang disetujui. Messi pun akan bebas berbicara banyak dengan pelamarnya mulai Januari, dan ia bisa pergi dengan gratis.

Hal ini pun membuat Tusquets merasa kecewa karena Barcelona seharusnya bisa menghindari ancaman apa pun dari Messi yang pergi dengan gratis. Ia pun sangat berharap bahwa ketika Messi hengkang, kepergiannya harus disertai dengan penjualan uang besar.

“Secara ekonomi, saya akan menjual Messi di musim panas (lalu),” ucap Tusquets, mengutip dari RAC1, Jumat (4/12/2020).

Hal ini juga kemudian berimbas kepada status Barcelona yang mengalami kondisi finansial yang memburuk. Bahkan para pemain pun kini tengah mengalami pemotongan gaji akibat dampak tersebut. Karena itu, andai Messi dijual, maka Barcelona bisa mendapatkan pemasukan yang sepadan.

Lionel Messi

“Uang yang akan Anda terima dan yang akan Anda tabung akan menjadi hal diinginkan. Apalagi Liga Spanyol kini sedang menetapkan batasan gaji,” lanjutnya.

Sementara itu, situasi ini berbeda dengan para calon presiden Barcelona yang berusaha sekuat tenaga mempertahankan Messi. Orang-orang seperti Joan Laporta dan Victor Font telah menyatakan keinginan untuk tetap mempertahankan Messi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini