5 Keputusan VAR yang Kontroversial di Liga Inggris 2020-2021

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 45 2320184 5-keputusan-var-yang-kontroversial-di-liga-inggris-2020-2021-YFJnZnkiUq.jpg VAR (Foto: Reuters)

TEKNOLOGI bernama Video Assistant Referee (VAR) telah membantu sepakbola pada zaman modern ini. Namun begitu, penggunaannya terkadang tidak berjalan dengan baik. Salah satunya terjadi di ajang Liga Inggris.

Sejak diperkenalkan ke Liga Inggris pada musim 2019-2020, VAR terus menjadi sumber kontroversi. Sistem ini menghasilkan begitu banyak panggilan yang meragukan selama musim debutnya. Seringkali setiap pekan, satu keputusan VAR menimbulkan keraguan. Entah berkaitan dengan handball, offside atau penalti.

Pada musim ini, Liga Inggris telah menyajikan 10 pertandingan. Keputusan VAR tak jarang membuat banyak pertanyaan. Berikut adalah lima keputusan VAR paling controversial di Liga Inggris 2020-2021 hingga pekan ke-10.

5. Patrick Bamford – Offside (Crystal Palace vs Leeds United)

Keputusan VAR menimbulkan kontroversial di laga ini yang berlangsung pada 7 November 2020. Korbannya adalah Patrick Bamford dari Leeds yang sejatinya bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di awal laga. Akan tetapi, VAR memutuskan untuk membatalkan tersebut karena Bamford dianggap offside.

Berawal dari umpan Mateusz Klich kepada Bamford, bola tersebut masuk ke dalam gawang Palace. Sayangnya gol tersebut dianulir dan Leeds akhirnya menelan kekalahan menyesakkan. Hingga akhir laga, Leeds akhirnya harus takluk dari Palace dengan skor telak 1-4.

Patrick Bamford

4. Ollie Watkins – Offside (West Ham vs Aston Villa)

Panggilan VAR aneh terbaru datang dari kemenangan 2-1 atas West Ham atas Aston Villa. Laga tersebut berlangsung di Stadion London pada 30 November 2020. West Ham telah memimin pertandingan dengan skor 2-1. Namun, dalam waktu tambahan, ternyata Ollie Watkins berhasil mencetak gol setelah menyambut umpan silang dari Matt Targett. Alhasil Aston Villa sukses menyamakan kedudukan.

Wasit yang memimpin laga yakni Peter Bankes pun dengan senang hati memberikan gol tersebut. Namun VAR turun tangan untuk melakukan pemeriksaan. Setelah berlangsung selama tiga menit, VAR memtuuskan bahwa Watkins offside dan akhirnya Villa harus menerima kekalahan dari West Ham.

West Ham vs Aston Villa

3. Eric Dier – Handball (Tottenham vs Newcastle)

Pertandingan ini berlangsung pada 27 September 2020 yang merupakan laga kandang untuk Tottenham. Sebagai tuan rumah, Tottenham terlihat mendominasi pertandingan dan siap merasakan kemenangan dari laga ini. Hal itu semakin terlihat ketika mereka telah unggul 1-0 pada menit 25 lewat Lucas Moura.

Akan tetapi, kesialan menimpa Tottenham ketika di pengujung laga, VAR membuat keputusan kontroversial. Berawal dari tendangan bebas Newcastle yang dikirim ke Andy Carroll, Eric Dier dianggap melakukan handball untuk menghalau bola tersebut.

Tayangan ulang pun menunjukkan ada beberapa sentuhan bola dengan lengan Dier. Tetapi, bek Inggris melakukannya dengan tidak sengaja dan hanya berusaha melompat untuk menjemput bola. Namun , wasit Peter Bankes terpaksa menunjuk titik putih dan akhirnya Newcastle menyamakan kedudukan lewat eksekusi Callum Wilson pada menit 90+7.

Eric Dier

2. Sadio Mane – Offside (Everton vs Liverpool)

Derby Merseyside seringkali menjadi pertandingan yang penuh drama. Tak terkecuali pada laga yang berlangsung di Goodison Park pada 17 Oktober 2020. Pertandingan tersebut menjadi salah controversial karena kegagalan VAR untuk meninjau tekel berbahaya dari pemain Everton, Jordan Pickford kepada Virgil van Dijk. Tetapi, hal lebih buruk datang.

Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2 tersebut, kapten Liverpool yakni Jordan Henderson melepaskan tembakan rendah ke arah gawang. Entah bagaimana bola menggeliat di bawah Pickford dan masuk ke gawang. Liverpool pun yakin mereka akan memenangkan pertnadingan.

Akan tetapi, VAR memutuskan tidak mengesahkan gol tersebut. Meskipun wasit Michael Oliver memberikan gol, tetapi pemeriksaan VAR menunjukkan Sadio Mane berada dalam posisi offside saat Henderson melepaskan tembakan. Alhasil Liverpool gagal memenangkan laga.

Jordan Henderson

1. Pascal Gross – Penalti (Brighton vs Liverpool)

Pertadningan ini berlangsung pada 28 November 2020, di mana Brighton menyambut kedatangan Liverpool. Laga ini menjadi salah satu yang paling banyak menimbulkan kontroversial. Pada laga tersebut, VAR tercatat telah membatalkan dua gol Liverpool karena offside.

Namun begitu, Liverpool telah unggul 1-0 setelah Diogo Jota mencetak gol ke gawang Brighton. Sayagnya VAR kembali bertindak dengan menimbulkan kontroversi. Ini terjadi di pengujung laga ketika Danny Welbeck dilanggar di kotak penalti oleh Andy Robertson.

Welbeck yang terjatuh pun tidak mengajukan protes apa pun. Namun, VAR kemudian memberi tahu wasit Stuart Attweell tentang kemungkinan pelanggaran. Setelah melihat rekaman, Attwell menunjuk ke titik putih. Pascal Gross pun melakukan tendangan penalti dan mengubah keadaan menjadi 1-1.

Pascal Gross

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini