Arteta Sadar Emban Tugas Berat di Arsenal

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 00:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 45 2318092 arteta-sadar-emban-tugas-berat-di-arsenal-cTkztlYdTD.jpg Pelatih Arsenal, Mikel Arteta (Foto: Media Arsenal)

LONDON - Mikel Arteta menyadari kalau dirinya mengemban tugas berat sejak datang ke Emirates Stadium pada akhir 2019 kemarin. Mantan asisten pelatih Manchester City itu dibebankan tugas untuk membangun kembali Arsenal yang dinilai telah hancur.

Musim ini, Arsenal belum juga menunjukkan perkembangan ke arah positif. The Gunners -julukan Arsenal- tercatat telah menelan empat kekalahan dan satu hasil imbang dari sembilan laga yang telah dimainkan.

Alhasil Pierre-Emerick Aubameyang dan rekan-rekan harus berjuang di papan tengah musim ini. Arsenal tercatat baru mengumpulkan 13 angka dan berada di peringkat ke-12.

Pasukan Mikel Arteta terpaut delapan angka dari Liverpool yang menempati posisi puncak dengan koleksi 21 poin. Pencapaian ini praktis membuat masa depan Mikel Arteta di kursi kepelatihan mulai dipertanyakan.

Baca juga: Arsenal Belum Juga Konsisten, Arteta Masih Dapat Dukungan untuk Bertahan

Sebenarnya, kedatangan Arteta sempat memberikan angin segar di kubu Arsenal. Tapi sekali lagi, tugasnya ternyata tak semudah yang dibayangkan. Ia bahkan harus mengembalikan rasa percaya para penggemar yang perlahan mulai terkikis menyusul inkonsistensi yang terus ditunjukkan tim kesayangan.

"Anda tidak dapat membangun sesuatu yang baru dengan cepat. Ketika sesuatu telah rusak dan terluka parah, Anda dapat melihat perpecahan besar bahkan antara fans kami sendiri dan tim," ujar Arteta dilansir dari laman resmi Arsenal, Minggu (29/11/2020).

"Anda harus membangun kembali ikatan itu. Untuk melakukannya, Anda harus membangun beberapa fondasi, dan setelah itu baru memulanya. Anda harus memprioritaskan proses itu di awal untuk menentukan ke mana arah tim yang akan Anda bawa," ujarnya lagi.

"Untuk melakukan itu, saya rasa semua pelatih memerlukan beberapa bagian yang harus diisi di sana, dan Anda harus mulai membuat teka-teki dan mencoba mengelolanya karena akan ada saat-saat buruk dan Anda tidak ingin menghancurkan semua rencana yang telah Anda bangun tadi," sambungnya.

"Sepanjang waktu Anda harus sangat waspada karena hanya dibutuhkan sedikit untuk merusak apa yang Anda bangun," pungkas Arteta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini