Timnas Indonesia U-19 Digenjot TC, Para Pemain Akui Ada Peningkatan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 51 2316067 timnas-indonesia-u-19-digenjot-tc-para-pemain-akui-ada-peningkatan-cIEtgMpd8g.jpg Timnas Indonesia U-19 (Foto: PSSI)

JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 saat ini tengah disibukkan dengan padatnya jadwal pemusatan latihan (TC). Setelah pada September dan Oktober menjalani TC di Kroasia, kini skuad Garuda Muda melakoni pemusatan latihan di Jakarta sejak Jumat 13 November 2020.

Semua ini sengaja dilakukan agar para pemain benar-benar siap dari segala aspek untuk tampil di ajang Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Di saat yang sama, Pelatih Shin Tae-Yong juga masih terus melakukan evaluasi untuk mencari formula terbaik bagi skuadnya.

Pemain belakang Timnas Indonesia U-19, Bagas Kaffa, mengungkapkan bahwa TC yang dilakukan selama ini sangat membantu dirinya dan rekan-rekannya dalam mempersiapkan diri. Menurutnya, para pemain sudah mengalami perkembangan.

Baca juga: Dicoret dari Timnas Indonesia U-19, Serdy dan Yudha Hanya Bisa Minta Maaf

Bagas Kaffa

Bagas sendiri merupakan pemain langganan tim nasional. Ia sudah tergabung sejak menjalani TC di Kroasia. Posisinya sebagai bek kanan pun terbilang vital dan sulit untuk digantikan oleh pemain lain.

“Tentu kami semua ada perkembangan usai menjalani TC yang sudah berjalan memasuki pekan kedua ini (di Jakarta). Pada pekan pertama lalu kami banyak diberikan menu latihan fisik dan pengembalian kebugaran fisik,” jelas Bagas.

“Kami harus selalu fokus dalam latihan. Selain itu, kami juga harus disiplin dan kerja keras. Saya juga ingin terus bersama Timnas U-19,” lanjut saudara kembar dari Bagus Kahfi tersebut.

Shin Tae-Yong sendiri memang sengaja untuk fokus terhadap perkembangan fisik dan stamina pemain terlebih dahulu sebelum membahas strategi. Karena menurutnya, fisik dan stamina para pemain Indonesia masih tertinggal, sehingga ketika laga memasuki babak kedua, banyak yang sudah sangat kelelahan.

Meski begitu, program tersebut nyatanya mampu berjalan dengan baik. Penyerang timnas U-19, Irfan Jauhari, menerangkan bahwa saat ini ia dan rekan-rekannya selalu bersemangat menjalani setiap menu latihan yang diberikan oleh pelatih.

Irfan Jauhari

“Alhamdulillah perkembangan dan progres latihan kami semakin baik. Kami harus punya mental yang lebih baik lagi dan jangan cepat menyerah,” ujar Irfan.

“Apalagi kami akan mengikuti ajang Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20, tentu dibutuhkan kerja keras dan berjuang secara maksimal demi torehan prestasi di ajang tersebut,” imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini