Lampard Pertimbangkan Mengurangi Latihan Menyundul Bola jika Memicu Demensia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 45 2313245 lampard-pertimbangkan-mengurangi-menyundul-bola-jika-memicu-demensia-nuQ5T5uNOr.jpg Tammy Abraham. (Foto/Chelsea)

LONDON – Pelatih Chelsea, Frank Lampard akan mempertimbangkan untuk menyundul bola jika penelitian membuktikan bahwa menyundul bola dalam latihan bisa menyebabkan demensia. Pernyataan ini mengemuka setelah meninggalnya eks pemain Timnas Inggris, Nobby Stiles.

Stiles dan beberapa rekan setimnya yang memenangi Piala Dunia 1966 didiagnosa menderita demensia sebelum mereka meninggal. Legenda Manchester United, Bobby Charlton juga mengungkapkan bahwa dia didiagnosa demensia.

Foto/Man United

Mengutip laman Kemenkes, Demensia adalah gangguan penurunan fisik otak yang mempengaruhi emosi, daya ingat dan pengambilan keputusan dan biasa disebut pikun. Kondisi ini berdampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari penderitanya.

Baca juga: Kondisi Skuad Chelsea Jelang Lawan Newcastle, Sejumlah Bintang Tak Akan Bersinar

Keluarga Stiles berharap penelitan tersebut bisa memicu untuk mengatasi demensia. Sementara Geoff Hurst, pemain Timnas Inggris yang mencetak hattrick pada final Piala Dunia 1966, mengatakan bahwa sering menyundul bola dalam latihan bisa berbahaya dan anak-anak seharusnya tidak melakukannya sama sekali.

Lampard mengatakan bahwa ia sedang mempertimbangkan agar para pemain untuk mendukung peraturan untuk mengurangi sundulan dalam sepakbola remaja. Dia berharap ada aturan yang mengatur masalah menyundul bagi anak-anak saat latihan.

"Aturan ini harus lebih kuat untuk memastikan kita tidak membuat anak-anak muda menyundul jika mereka tidak membutuhkannya," kata Lampard mengutip Reuters, Jumat (20/11/2020).

"Kita harus mulai dengan sepakbola anak-anak. Ketika anak-anak berkembang, kita bisa mengendalikan tingkat latihan. Apa pun yang bisa kita lakukan untuk membuatnya lebih aman, harus kita lakukan," tambahnya.

West Bromwich Albion, Slaven Bilic juga menyuarakan hal yang sama. Dia pun dengan tegas mengatakan apabila menyundul dapat menyebabkan demensia, maka itu harus dihentikan.

"Jika mereka menemukan melalui penelitian bahwa menyundul bola 10 kali dalam latihan akan menyebabkan Anda demensia, maka mari kita hentikan," kata Bilic.

"Bagi saya, hal yang hebat adalah mereka membicarakannya dan mengakuinya," lanjut dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini