Xavi Hernandez Segera Dijadikan Sir Alex Ferguson-nya Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312175 xavi-hernandez-segera-dijadikan-sir-alex-ferguson-nya-barcelona-rvUIiFIi17.jpg Xavi bisa jadi pelatih Barcelona. (Foto: Twitter/@AlSadd)

BARCELONA – Salah satu kandidat presiden Barcelona, Victor Font, sudah menunjuk sosok pelatih jika nantinya terpilih duduk di kursi kepemimpinan Blaugrana –julukan Barcelona. Pengusaha sukses asal Catalunya ingin menunjuk pelatih Al-Sadd, Xavi Hernandez, sebagai juru taktik Barcelona.

Bahkan proyek besar disiapkan Victor Font untuk Xavi Hernandez. Victor Font ingin menjadikan Xavi Hernandez menjadi Sir Alex Ferguson-nya Barcelona. Sekadar informasi, Fergie –sapaan akrab Ferguson– hampir 27 tahun (1986-2013) menangani Manchester United.

Sir Alex Ferguson

(Sir Alex Ferguson sukses besar bersama Man United)

Selama 27 tahun itu, sukses besar diberikan Fergie bagi publik Old Trafford, yakni menghadirkan 38 trofi. Dari 38 trofi yang digaet, 13 di antaranya merupakan trofi Liga Inggris.

Alhasil, Man United kini tercatat sebagai klub tersukses di Liga Inggris dengan koleksi 20 trofi. Kesuksesan yang diberikan Sir Alex Fergusonnya untuk Manchester United itu diharapkan Victor Font dapat diemulasi Xavi Hernandez bersama Barcelona.

“Idealnya kami akan menjadikan Xavi sebagai pelatih selama bertahun-tahun, seperti yang dilakukan Alex Ferguson di Manchester United. Namun, jika ia ingin memainkan peran yang berbeda, semuanya bisa fleksibel,” kata Victor Font mengutip dari The Sun, Kamis (19/11/2020).

BACA JUGA: Lionel Messi Gabung Manchester City, Ini 4 Formasi yang Bisa Dijajal Guardiola

“Hanya sedikit orang yang memiliki kualitas kepemimpinan seperti Xavi. Kami membutuhkan Xavi di klub ini selama 10 tahun ke depan,” tegas Victor Font.

Xavi baru 1,5 tahun bekerja sebagai pelatih, tepatnya bersama Al-Sadd. Sejauh ini Xavi telah memenangkan tiga gelar bersama Al-Sadd, yakni Piala Super Qatar 2019, Piala Qatar 2020 dan Qatari Stars Cup 2019-2020.

Xavi Hernandez

(Xavi Hernandez bersama Lionel Messi)

Meski baru menjabat sebagai pelatih, pengalaman membela Barcelona menjadi modal kuat Xavi Hernandez untuk menjadi juru taktik Blaugrana. Sekadar informasi, Xavi Hernandez sempat menjadi pemain utama Barcelona dari 1998 sampai 2015.

Pernyataan Victor Font sama menyakiti hati pelatih Barcelona saat ini, Ronald Koeman. Otomatis jika Font terpilih sebagai presiden Barcelona, Koeman akan terdepak dari jabatan pelatih.

Kebetulan bersama Koeman, hasil yang diraih Lionel Messi dan kawan-kawan tak bisa dibilang impresif. Ambil contoh di Liga Spanyol 2020-2021, saat ini Barcelona duduk di posisi delapan dengan koleksi 11 angka, terpaut sembilan poin dari Real Sociedad di puncak klasemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini