Gawat! Barcelona Terancam Bangkrut pada Januari 2021

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 00:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 46 2302176 gawat-barcelona-terancam-bangkrut-pada-januari-2021-I8GKWlV1eo.jpg Barcelona (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

BARCELONA Barcelona bisa bangkrut pada Januari 2021 jika tidak memotong gaji pemain mereka dalam waktu dekat. Menurut laporan RAC1, para pemain sedang bernegosiasi dengan tim hukum Blaugrana –julukan Barcelona– untuk membahas pemotongan gaji.

Barcelona merupakan salah satu tim besar Eropa yang bergelimang prestasi. Akan tetapi, status itu tidak menjamin kondisi finansial Barcelona akan aman dari krisis saat pandemi virus corona (Covid-19) melanda dunia.

Barcelona (Foto: Laman resmi Barcelona)

Barcelona sangat terpukul oleh pandemi karena pemasukannya berkurang drastis. Barcelona yang biasanya bergelimang uang dari tiket pertandingan, penjualan pernak-pernik klub, bonus kompetisi, dan pariwisata, kini dihadapakan pada krisis finansial.

Presiden Interim Barcelona, Carles Tusquets, menyatakan fokus utama sekarang adalah menyehatkan finansial klub. Salah satu caranya adalah mengurangi pengeluaran klub dengan memangkas gaji para pemain.

BACA JUGA: Ingin Bajak Depay, Pelatih Lyon Beri Peringatan ke Koeman

Pemotongan gaji para pemain sebesar 190 juta euro (sekitar Rp3,2 triliun) harus dilakukan Barcelona sebelum 5 November. Masalah sekarang adalah sebagian besar pemain Barcelona tidak setuju dengan pemotongan gaji.

Jika tidak menemui titik temu, skenario terburuk untuk Barcelona, yakni bangkrut, akan jadi kenyataan pada awal tahun depan. Oleh sebab itu, hasil akhir pertemuan antara tim hukum Barcelona dengan para pemain sangatlah krusial.

“Fokus utama kami adalah finansial. Pandemi telah berpengaruh kepada Barcelona,” kata Tusquets, menyadur dari AS, Minggu (1/11/2020).

“Klub sangat tergantung kepada pariwisata dan sekarang tidak ada itu. Situasi kurang menyenangkan, kami harus mengumpulkan ide dari rapat sebelumnya untuk memulihkan kondisi yang berdampak pada kami,” tuturnya.

BACA JUGA: 5 Favorit Juara Liga Champions 2020-2021

Selain gaji pemain, ada hal lain yang juga harus diselesaikan Barcelona secepatnya. Blaugrana harus membujuk Lionel Messi agar tidak pindah pada akhir musim 2020-2021.

Jika Messi kukuh pada keputusannya, Barcelona diwajibkan membayar Bonus yang akan membebani finansial klub. Hal itu akan sangat membebani finansial Blaugrana yang sedang tidak sehat sekarang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini