Dikritik karena Mainkan Aubameyang sebagai Sayap Kiri, Arteta: Salahnya di Mana?

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2020 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 45 2302066 dikritik-karena-mainkan-aubameyang-sebagai-sayap-kiri-arteta-salahnya-di-mana-9mW0q5dW0y.jpg Pierre-Emerick Aubameyang dan Mikel Arteta (Foto: Twitter/@Aubameyang7)

MANCHESTER – Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menjawab soal kritikan yang diterimanya soal memainkan Pierre-Emerick Aubameyang sebagai sayap kiri sepanjang musim 2020-2021. Arteta merasa bahwa tidak ada yang salah akan keputusannya tersebut.

Sebagaimana diketahui, Aubameyang memang langsung menjadi mesin gol Arsenal sejak kedatangannya dari Borussia Dortmund pada Januari 2018. Bahkan dalam beberapa musim terakhir, Aubameyang jadi satu-satunya pemain Arsenal yang mampu mencetak lebih dari 20 gol.

Akan tetapi pada musim 2020-2021, ketajaman Aubameyang mengalami penurunan yang drastis. Bagaimana tidak, Aubameyang baru mampu menyumbangkan tiga gol dari delapan penampilannya bersama klub asal London Utara tersebut musim ini.

Pierre-Emerick Aubameyang

Penurunan ketajaman Aubameyan bersama Arsenal pun mendapatkan analisis dari pengamat. Salah satu faktor yang disebut-sebut jadi alasan utama penurunan ketajaman Aubameyang bersama Arsenal adalah pergeseran posisi.

Baca Juga: Arsenal Kembali Diprediksi Gagal Finis 4 Besar di Liga Inggris 2020-2021

Ya, di musim ini Aubameyang memang lebih banyak dimainkan oleh Arteta lebih melebar ke sisi kiri lini serang Arsenal. Hal tersebut dilakukan demi memberikan tempat kepada Alexandre Lacazette sebagai penyerang tengah The Gunners –julukan Arsenal.

Keputusan Arteta memainkan Aubameyang lebih melebar di sisi kiri lini serang Arsenal pun dipertanyakan oleh beberapa pihak. Bahkan legenda Arsenal, Nigel Winterburn, menuntut agar Arteta mengembalikan peran ujung tombak kepada Aubameyang.

Arteta pun lantas memberikan jawaban soal kritikan yang diterimanya mengenai keputusan memainkan Aubameyang melebar di lini serang klub asuhannya. Arteta tak merasa keputusan itu salah, mengingat Aubameyang tetap tampil sesuai harapannya di posisi tersebut.

“Itu (memainkan Aubameyang sebagai penyerang tengah) merupakan salah satu opsi yang jelas kami miliki dalam tim, juga untuk mengembangkannya,” jelas Arteta, seperti dilaporkan oleh The Guardian, Sabtu (31/10/2020).

Baca Juga: Sering Mainkan Aubameyang sebagai Sayap Kiri, Arteta Dikritik Legenda Arsenal

“Begitu Aubameyang tidak dapat mencetak gol dalam tiga atau empat pertandingan yang kami mainkan, maka orang-orang bakal berkata bahwa dia harus bermain di posisi sebagai penyerang tengah,” sambung pelatih berusia 38 tahun tersebut.

“Akan tetapi saya tak memahami di mana letak kesalahannya. Sebab bagus baginya bermain di sisi kiri, karena dia tidak dijaga ketat bek tengah lawan. Terdapat lebih banyak ruang kosong baginya untuk bergerak dan masuk ke kotak penalti lawan,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini