Mengenal Jayden Houtriet, Pemain Berdarah Belanda yang Layak Jadi Pertimbangan Shin Tae-yong

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 06:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 51 2301424 mengenal-jayden-houtriet-pemain-berdarah-belanda-yang-layak-jadi-pertimbangan-shin-tae-yong-F8lm53swdE.jpg Jayden bisa jadi opsi tepat untuk lini tengah skuad Garuda Muda (Foto: Instagram/JaydenHoutriet)

TIMNAS Indonesia U-19 disebut-sebut masih akan kedatangan pemain keturunan untuk memperkuat tim jelang menghadapi Piala Asia U-20 2020 yang berlangsung pada awal tahun depan. Hal tersebut sesuai dengan rencana pelatih kepala, Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu membenarkan dirinya masih mencari sosok pemain keturunan yang bisa memperkuat skuad Garuda Muda. Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, bahkan sebelumnya mengatakan telah mengantongi sekira 30 nama di mana empat di antaranya sudah ikut bergabung pada TC yang berlansung di Kroasia kemarin.

Sejumlah nama pemain keturunan pun terus dikaitkan dengan Timnas Indonesia U-19. Salah satu yang cukup kencang dibicarakan adalah Jayden Houtriet.

Pemain blasteran Indonesia-Belanda itu menjadi satu nama yang patut untuk dipertimbangkan. Jayden sendiri merupakan pemain kelahiran Belanda, 27 Maret 2002.

Baca juga: Deretan Pemain Keturunan yang Siap Pertajam Lini Depan Timnas Indonesia

Ia saat ini bermain untuk tim U-21 Vittese yang berkompetisi di Liga Belanda Junior atau U-21 Div. 2 Fall. Salah satu keunggulan Jayden adalah postur tubuh yang tinggi sebagai gelandang.

Jayden memiliki tinggi badan 189 cm dan kerap ditugaskan untuk menjaga kedalaman serta memutus alur serangan lawan. Postur tubuh yang mumpuni membuatnya kuat dalam menghalau umpan-umpan panjang para pemain lawan.

Kemampuan Jayden juga diketahui tidak hanya beroperasi di lini tengah saja. Pemain yang mewarisi darah Indonesia dari sang ibu itu juga juga sudah empat kali dimainkan sebagai penyerang dan dua kali menempati posisi winger.

Kiprah Jayden sepanjang musim 2019-2020 sendiri tergolong cukup baik lantaran mendapat menit bermain reguler di Vitesse U-19. Ia sudah tampil 16 kali dengan sumbangsih dua gol.

Dengan kelebihan yang dimiliki, bukan tak mungkin Shin Tae-yong akan memanggilnya untuk mengisi skuad Garuda Muda. Kehadiran Jayden diyakini bisa menjadi jawaban dari kekurangan pemain area tengah yang sempat disampaikan pelatih 50 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini