Penilaian Shin Tae-yong untuk Pemain Keturunan Jerman di Timnas Indonesia U-19

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 05:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 51 2301003 penilaian-shin-tae-yong-untuk-pemain-keturunan-jerman-di-timnas-indonesia-u-19-GVHzOCoNGL.jpg Skuad Timnas Indonesia U-19 di sesi latihan bersama (Foto: PSSI)

JAKARTA - Shin Tae-yong memberikan penilaian untuk dua pemain berdarah Jerman yakni Kelana Mahessa dan Luah Mahessa yang mengikuti TC di Kroasia bersama skuad Timnas Indonesia U-19. Sejauh ini, pelatih asal Korea Selatan itu mengaku cukup puas dengan penampilan keduanya.

Akan tetapi, satu nama yang lebih mencuri perhatian adalah Kelana. Kelana dan Luah sendiri adalah kakak beradik. Keduanya sama-sama berposisi sebagai gelandang di skuad Garuda Muda.

"Untuk adiknya, Luah, masih kurang dibandingkan kakaknya. Namun, saya tidak bisa mengambil keputusan dari sekali penampilan di Timnas Indonesia U-19. Mungkin akan dilihat lagi ke depan," ujar Shin Tae-yong kepada media.

Keduanya lahir dan besar di Jerman, darah Indonesia mengalir dari sang ayah. Pada 2019, Kelana dan Luah pernah mengikuti seleksi di Persela Lamongan. Kelana dan Luah sendiri saat ini sama-sama bermain untuk Bonner SC di Jerman. Klub tersebut berkompetisi di Regionalliga West atau kasta keempat Liga Jerman.

Baca juga: Gilles Joannes, Pemain Keturunan yang Masuk Rencana Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-19

Selain dua nama tadi, pelatih asal Korea Selatan itu juga berbicara mengenai peluang Bagus Kahfi untuk kembali memperkuat skuad Garuda Muda. Bagus yang mulai pulih diyakini bisa jadi opsi lain di lini depan jika kembali bergabung.

Seperti diketahui, Bagus mengalami cedera tampil di laga Garuda Select kontra Reading U-18 pada Selasa 3 Maret 2020. Cedera tersebut didapat usai terlibat duel udara dengan gelandang Reading U-18, Michael Stickland.

Bagus sebenarya sempat naik meja operasi di Inggris. Namun, cedera Bagus ternyata lebih parah dari perkiraan awal. Pemain berusia 18 tahun itu mengalami cedera di bagian pergelangan kaki, ligamen, dan fibula kaki kirinya.

Meski kondisinya dikabarkan sudah membaik, saudara kandung Bagas Kaffa itu tetap harus mengikuti tahap seleksi. Selain Bagus, Shin Tae-yong juga mengaku tidak menutup kemungkinan untuk memasukkan nama lain dalam skuadnya saat ini. Berkaca pada TC di Kroasia kemarin, beberapa sektor memang masih jadi perhatian, terutama untuk posisi gelandang.

"Kami sudah mendengar kabar kondisi Bagus yang sudah mulai membaik. Tapi kami masih harus berbicara lebih lanjut dengan dokter yang menanganinya," ujar Shin Tae-yong pada konferensi pers yang digelar di Jakarta.

"Kalau memang kondisinya lebih baik dia bisa ikut latihan bersama. Tapi juga harus mengikuti seleksi juga untuk melihat permainannya sekarang," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini