Kisah Braif Fatari Talenta Muda Papua yang Bersinar Bersama Timnas Indonesia U-19

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 23:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 51 2297508 kisah-braif-fatari-talenta-muda-papua-yang-bersinar-bersama-timnas-indonesia-u-19-tfiHj5Ji8g.jpg Penggawa Timnas Indonesia U-19, Braif Fatari (Foto: PSSI)

BRAIF Fatari jadi salah satu nama yang berhasil mencuri perhatian pelati Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Pemain kelahiran 9 April 2002 itu saat ini jadi salah satu andalan lini depan skuad Garuda Muda -julukan Timnas Indonesia U-19 - di beberapa laga uji coba terakhir.

Braif Fatari sendiri merupakan pemain muda asal klub Ibu Kota, Persija Jakarta. Performa gemilang Braif Fatari saat menjalami training camp bersama Garuda Select di Inggris menjadi alasan Persija tertarik mendatangkannya.

Braif Fatari lalu dikontrak selama tiga musim dan mengisi komposisi skuad U23 Persija.Namun, berdasarkan laman resmi Persija, nama Braif Fatari kini sudah masuk dalam skuad utama tim berjulukan Macan Kemayoran itu.

Performa apik Braif jelas menjadi salah satu alasan dirinya naik kelas ke skuad utama. Atas alasan yang sama juga akhirnya penampilan pemain asal Papua itu juga menarik perhatian Shin Tae-yong hingga dipanggil menjalani pemusatan latihan bersama timnas U19 Indonesia.

Baca juga: Shin Tae-yong Komentari Performa Kelana dan Luah Mahessa Bareng Timnas U-19

Jauh sebelum berseragam Persija dan Timnas Indonesia U-19, Braif menceritakan perjalanan singkat dalam karier sepakbolanya sejauh ini. Ia mengaku sempat bermain untuk tim sepakbola Papua Barat di ajang Piala Menpora pada 2017 lalu.

"Waktu itu saya mengikuti turnamen Piala Menpora 2017 di Bali mewakili Papua Barat. Disitu saya dilihat sama pelatih saya yakni coach Aples Tecuari," ujar Braif dilansir dari laman resmi PSSI, Rabu (21/10/2020).

"Setelah itu saya disuruh ke Malang untuk seleksi pemain yang direkomendasikan masuk ke Garuda Select 2018. Dan bersyukur bersama 23 pemain lainnya saya terpilih masuk tim Garuda Select 2018 yang berlatih selama enam bulan di Inggris," sambungnya.

"Setelah itu, tahun 2019 saya terpilih masuk ke timnas U-19 di ajang Piala AFF U-19 di Vietnam. Dan bersyukur berlanjut masuk Timnas U-19 hingga saat ini.

Hingga saat ini, Braif telah membukukan dua gol bersama Timnas U-19. Gol pertamanya dicetak saat melawan Arab Saudi pada 11 September lalu dan gol kedua saat melawan NK Dugopolje pada 8 Oktober.

Pada barisan depan, Braif biasanya berduet dengan Irfan Jauhari atau Saddam Emiruddin. Ia pun menyatakan tidak masalah menjadi striker saat ini, meski posisi pemain kelahiran 9 April 2002 tersebut adalah gelandang tengah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini