Meski Dikecam, Laga Juventus vs Napoli Tidak Bisa Ditunda

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 47 2294572 meski-dikecam-laga-juventus-vs-napoli-tidak-bisa-ditunda-u1DOOogulU.jpg Bola resmi Liga Italia 2020-2021 (Foto: Twitter/@SerieA_EN)

MILAN – Keputusan memenangkan Juventus 3-0 atas Napoli membuat Lega Serie A selaku operator kompetisi mendapat kecaman. CEO Lega Serie A, Luigi De Siervo, bersikeras menyatakan status laga Juventus vs Napoli tidak bisa ditunda.

Sebagaimana diketahui, Juventus batal melawan Napoli pada pekan ketiga Liga Italia 2020-2021, Senin 5 Oktober dini hari WIB. Sebab, skuad I Partenopei dilarang terbang ke Turin oleh otoritas kesehatan lokal (ASL) sehari sebelum pertandingan.

Larangan itu tidak terlepas dari hasil tes yang menunjukkan Eljif Elmas dan Piotr Zielinski positif terpapar Covid-19. Napoli tentu tidak mau melanggar intervensi dari ASL sekali pun Lega Serie A dan Federasi Sepakbola Italia (FIGC) memiliki protokol tertentu. Sebab, mereka bisa terancam hukuman berat.

Baca juga: Juventus Menang WO atas Napoli Adalah Skandal Negara Terbelakang

Skuad Juventus sudah datang di Stadion Allianz

Setelah penyelidikan lebih dari sepekan, FIGC dan Lega Serie A akhirnya mengambil putusan akhir. Juventus dinyatakan menang 3-0 atas Napoli. Sebab, anak asuh Gennaro Gattuso gagal datang untuk memenuhi kewajiban. Belum lagi, mereka harus rela dikurangi satu poin.

Vonis tersebut dikecam oleh berbagai pihak. Namun, Luigi De Siervo kukuh pada pendirian. Sebab, dari informasi yang didapat, tidak ada satu pun pembenaran dari kubu Napoli untuk memperkuat penundaan pertandingan.

“Lega Serie A tidak bisa menunda laga antara Juventus vs Napoli. Protokol kesehatan berfungsi dengan baik, semua orang menghormati aturan. Namun, dari dokumen yang kami terima, ada sedikit hambatan komunikasi dengan Napoli,” papar Luigi De Siervo, dilansir dari Football Italia, Jumat (16/10/2020).

“Lega Serie A tidak bisa berbuat apa-apa. Informasi yang diberikan kepada kami dari Napoli, tidak memberikan keterangan soal penundaan pertandingan,” tegas pria berpaspor Italia itu.

Lebih lanjut, Luigi De Siervo menyatakan Lega Serie A memiliki kepentingan tersendiri. Kompetisi harus jalan terus sesuai jadwal yang disusun, kendati ada hambatan berupa pandemi Covid-19. Sebab, sudah ada protokol pertandingan yang wajib dipatuhi semua pihak.

“Misi kami adalah memastikan kompetisi mencapai pekan terakhir. Kami harus terus melangkah maju dan mematuhi protokol. Jika musim ini tidak selesai seperti seharusnya, maka seluruh dunia sepakbola sayangnya akan mengalami kegagalan,” tutup pria berusia 51 tahun itu.

Kubu Napoli sendiri lewat pernyataan resminya, mengaku akan menghormati segala putusan dan aturan. Akan tetapi, mereka tetap berupaya menempuh jalur hukum dengan mengajukan banding. Napoli bahkan percaya diri keadilan akan ditegakkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini