Juventus Menang WO atas Napoli Adalah Skandal Negara Terbelakang

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 47 2294515 juventus-menang-wo-atas-napoli-adalah-skandal-negara-terbelakang-JIitXU2ewg.jpg Napoli diputus kalah 0-3 dan kehilangan satu angka (Foto: Laman resmi Napoli)

NAPOLI – Kontroversi mengenai kemenangan walkout Juventus atas Napoli berbuntut panjang. Komite Olahraga Kota Naples, Ciro Borriello, menyebut keputusan memenangkan Si Nyonya Tua dengan skor 3-0 adalah sebuah skandal yang hanya terjadi di negara terbelakang.

Sebagaimana diketahui, Juventus batal melawan Napoli pada pekan ketiga Liga Italia 2020-2021, Senin 5 Oktober dini hari WIB. Sebab, skuad I Partenopei dilarang terbang ke Turin oleh otoritas kesehatan lokal (ASL) sehari sebelum pertandingan.

Larangan itu tidak terlepas dari hasil tes yang menunjukkan Eljif Elmas dan Piotr Zielinski positif terpapar Covid-19. Napoli tentu tidak mau melanggar intervensi dari ASL sekali pun Lega Calcio dan Federasi Sepakbola Italia (FIGC) memiliki protokol tersendiri. Sebab, mereka bisa terancam hukuman berat.

Baca juga: Juventus Resmi Dinyatakan Menang 3-0 atas Napoli

Skuad Juventus sudah datang di Stadion Allianz

Setelah penyelidikan lebih dari sepekan, FIGC dan Lega Calcio akhirnya mengambil putusan akhir. Juventus dinyatakan menang 3-0 atas Napoli. Sebab, anak asuh Gennaro Gattuso gagal datang untuk memenuhi kewajiban. Belum lagi, mereka harus rela dikurangi satu poin.

Keputusan itu mendapat tanggapan negatif dari Ciro Borriello. Ia menilai, vonis tersebut adalah sebuah skandal besar. Presiden Juventus, Andrea Agnelli, seharusnya malu atas vonis menang WO.

“Itu adalah keputusan penuh skandal, sebuah keputusan yang hanya terjadi di negara terbelakang. Menjijikkan. Andrea Agnelli seharusnya malu,” sungut Ciro Borriello, sebagaimana diwartakan Football Italia, Jumat (16/10/2020).

Vonis itu jelas merugikan Napoli. Namun, dalam pernyataan resminya, Napoli menyatakan siap menghormati segala bentuk aturan dan keputusan. Pun begitu, klub masih menempuh jalur hukum dengan mengajukan banding.

“SSC Napoli selalu menghormati aturan dan hukum. Kami menanti keputusan banding, dan cukup percaya diri bahwa keadilan akan ditegakkan,” bunyi pernyataan tersebut, seperti dimuat dalam situs resmi Napoli.

Kehilangan satu poin menyebabkan peringkat Napoli turun dari ranking enam menjadi delapan. Sementara itu, Juventus berhasil naik ke tangga keempat dan menyalip Inter Milan yang berada satu level di bawahnya.

Sembari menanti putusan di tingkat kasasi, Napoli harus segera mengalihkan fokus pada laga akhir pekan ini di Liga Italia 2020-2021. Sebab, mereka akan kedatangan pemuncak klasemen, Atalanta, yang meraih nilai sempurna dari tiga laga dan mengukir 13 gol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini