Gabung Juventus, Mbappe Lanjutkan Sukses Michel Platini

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 51 2294018 gabung-juventus-mbappe-lanjutkan-sukses-michel-platini-E6lDZoOKID.jpg Mbappe (kiri) bisa gabung Juventus. (Foto: Twitter/@KMbappe)

TURIN – Media asal Italia, Tuttosport, menyebut Juventus menyiapkan ledakan pada bursa transfer musim panas 2021. Manajemen Juventus berniat mendatangkan winger Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, dengan harga 400 juta euro atau sekira Rp6,91 triliun.

Langkah di atas terlalu ambisius? Apakah Juventus tidak takut melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan UEFA? Juventus bisa mendapatkan pemasukan tambahan yang berguna menyeimbangkan neraca keuangan dengan menjual sejumlah bintang mereka.

Kylian Mbappe

(Mbappe (kanan) bisa pindah ke Juventus)

Sejumlah pemain bintang yang bisa dilepas adalah Cristiano Ronaldo, Adrien Rabiot dan Aaron Ramsey. Untuk Cristiano Ronaldo saja, ia masih memiliki harga di kisaran 100 juta euro.

Jika Mbappe benar gabung Juventus, Bianconeri –julukan Juventus– memperpanjang masa bulan madu mereka dengan pemain-pemain asal Prancis. Semenjak klub berdiri pada 1897, Juventus gemar mendatangkan pemain-pemain asal Prancis.

Total saat ini ada 24 pemain asal Prancis yang masih dan pernah berseragam Juventus. Beberapa nama bahkan sukses besar ketika memperkuat si Nyonya Tua. Sebut saja Michel Platini, Didier Deschamps, Zinedine Zidane, David Trezeguet hingga Paul Pogba.

BACA JUGA: Jual Cristiano Ronaldo ke PSG, Juventus Beli Mbappe Rp6,91 Triliun!

Namun, Michel Platini bisa dibilang pemain Prancis tersukses di Juventus. Platini yang pernah menjabat sebagai presiden UEFA ini lima tahun (1982-1987) membela Juventus.

Meski tampil sebagai playmaker, jumlah gol Platini di atas rata-rata. Terbukti, Platini keluar sebagai top skor Liga Italia pada 1982-1983 dengan koleksi 16 gol, 1983-1984 (20) dan 1984-1985 (18).

Michel Platini

(Michel Platini tiga kali memenangkan trofi Ballon dOr selama membela Juventus)

Berkat gol-gol dari Platini, Juventus memenangkan tujuh trofi dan satu di antaranya merupakan gelar Liga Champions 1984-1985. Bahkan, saat itu gol tunggal kemenangan Juventus atas Liverpool dilesakkan Platini via titik putih.

Karena itu, menarik jika Mbappe benar gabung Juventus. Sebab, pemuda 21 tahun ini sebelumnya santer dikaitkan dengan raksasa Eropa lainnya, Liverpool dan Real Madrid.

Liverpool dikaitkan karena Mbappe mengagumi gaya permainan The Reds di bawah arahan Jurgen Klopp. Sementara Real Madrid, itu karena Mbappe merupakan pengagum Los Blancos –julukan Madrid– sejak dirinya masih kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini