Kualitas Cristiano Ronaldo dan Messi Pacu Semangat Pemain Muda

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 51 2292920 kualitas-cristiano-ronaldo-dan-messi-pacu-semangat-pemain-muda-GnzUAewXEm.jpg Cristiano Ronaldo dan Messi saat berkompetisi di Liga Spanyol. (Foto: Diario AS)

LONDON – Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, senang bukan main dengan kehadiran Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di kancah persepakbolaan profesional. Mou –sapaan akrab Mourinho– menilai, kualitas yang ditunjukkan Cristiano Ronaldo dan Messi dapat memacu semangat pemain muda untuk tampil lebih baik lagi.

Sejak 2008, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi beragam penghargaan individu. Penghargaan individu mereka sabet berkat performa atraktif yang ditunjukkan bersama klub maupun tim nasional masing-masing.

Cristiano Ronaldo

Saat ini La Pulga –julukan Messi– telah memenangkan enam trofi Ballon dOr, unggul satu gelar dari Cristiano Ronaldo. Alhasil, Messi dan Cristiano Ronaldo saat ini tercatat sebagai pesepakbola dengan trofi Ballon dOr terbanyak.

Dari 12 tahun itu, adakah pespakbola yang sanggup merecoki dominasi Messi dan Cristiano Ronaldo? Jawabannya ada. Sosok yang dimaksud adalah Luka Modric yang meraih trofi pemain terbaik FIFA dan Ballon dOr 2018.

Namun, setelah itu atau pada 2019, Messi kembali menyabet trofi Ballon dOr dan pemain terbaik FIFA, sekaligus unggul satu langkah dari Cristiano Ronaldo. Akan tetapi, Mourinho sadar Cristiano Ronaldo dan Messi tak selamanya berada di level teratas.

BACA JUGA: Mourinho Bahas Persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Berhubung usianya keduanya sudah tak muda lagi yakni 35 tahun (Cristiano Ronaldo) dan 33 tahun (Lionel Messi), dalam waktu dekat dua pesepakbola ternama ini akan pensiun. Sejak saat itu, pesepakbola yang memiliki level tidak jauh dari kedua nama di atas akan bersaing memperebutkan trofi Ballon dOr.

“Saya melihat ada sejumlah pemain yang mengintip dominasi Ronaldo-Messi, yang biasa saya panggil monster kecil. Standar harus tinggi, jadi itu harus menjadi motivasi yang luar biasa untuk Neymar, Kylian Mbappe dan Griezmann. Sayangnya, Cristiano dan Messi takkan bertahan selamanya,” kata Mourinho mengutip dari Sportskeeda, Selasa (13/10/2020).

Cristiano Ronaldo

Dari sekian nama yang disebut Mourinho di atas, siapa yang paling berpeluang memenangkan trofi Ballon dOr? Berhubung Mbappe yang paling muda (21 tahun), besar peluangnya mengikuti jejak Messi-Ronaldo yakni memenangkan trofi Ballon dOr lebih dari sekali.

Lantas, bisakah Mbappe mendapatkan lawan sepadan layaknya Ronaldo-Messi? Jawabannya bisa asalkan Erling Haaland (Borussia Dortmund) membela klub yang lebih besar.

Saat ini Haaland (20) merupakan salah satu predator tertajam di muka gawang lawan. Musim lalu saja, pemilik tendangan kaki kiri mematikan itu mengoleksi 44 gol hanya dari 40 pertandingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini