Satu Personel Arema FC Terindikasi Covid-19, Begini Mekanisme Penanganannya

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 10 49 2291495 satu-personel-arema-fc-terindikasi-covid-19-begini-mekanisme-penanganannya-IdokMeURpI.jpg Arema FC bakal melakukan penanganan untuk mencegah penyebaran virus corona. (Foto: Twitter/AremafcOfficial)

MALANG - Salah seorang penggawa Arema FC diketahui reaktif saat menjalani tes serologi imunitas tubuh. Tes serologi ini dilakukan setelah playmaker asing Arema FC, Bruno Smith terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga tim medis melakukan tracing dan testing

Dokter tim Arema FC, dr. Nanang Tri Wahyudi, mengakui bila ada satu penggawa Arema FC yang reaktif saat dilakukan tes serologi pada Jumat kemarin.

"Dari hasil tes tadi, diketahui ada seorang yang reaktif,” ujar dr. Nanang saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu pagi (10/10/2020).

Baca Juga: Pemain Arema FC Bruno Smith Positif Covid-19

Arema FC terapkan protokol kesehatan

Nanang memastikan usai menjalani tes serologi, penggawa Arema FC yang reaktif itu  telah dipisahkan dengan rekan-rekan lainnya. Nantinya satu orang tersebut akan menjalani tes swab lebih lanjut guna memastikan kandungan virus corona di dalam tubuhnya.

"Secepatnya dia akan menjalani swab test. Detailnya nanti menyusul," tambah Nanang.

Sementara itu, Asisten Pelatih Arema FC, Kuncoro menyebut dokter tim telah menyusun protokol kesehatannya dan dipastikan akan memulai latihan pada Senin pekan depan.

Sebagai informasi, pasca Bruno Smith dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa 6 Oktober 2020, sesi latihan Arema FC pada Rabu 7 Oktober 2020 diliburkan sementara waktu. Seluruh skuad Arema FC baik pelatih, pemain, dan ofisial tim menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

"Sejauh ini kami tetap sesuai rencana semula pada Senin (12/10/2020) sore kami akan menggelar latihan lagi. Kalau pun dari hasil tes kemarin ada yang reaktif, dokter tim (Nanang Tri Wahyudi) tentu sudah memiliki standar penanganannya sesuai protokol kesehatan," terang Kuncoro.

Pihaknya memastikan pemain yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan yang reaktif berdasarkan tes serologi tak akan mengikuti latihan. Punggawa tersebut juga wajib menjalani isolasi mandiri guna memastikan virus di tubuhnya mati.

“Kalau hasil swabnya positif, yang bersangkutan akan absen latihan dan harus menjalani isolasi. Sementara, pemain lainnya kembali menjalani aktivitas latihan seperti biasa," tutupnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemain asing anyar Arema FC Bruno Smith terkonfirmasi positif Covid-19 yang hasilnya keluar pada Selasa 6 Oktober 2020. Diduga Bruno tertular Covid-19 sebelum bergabung di Arema FC. Alhasil pemain berusia 28 tahun ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan pengawasan tim medis mengingat Bruno berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini