Alisson Becker Disamakan dengan Cristiano Ronaldo

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 45 2286344 alisson-becker-disamakan-dengan-cristiano-ronaldo-ils4w7sPx9.jpg Alisson Becker (Foto: Twitter Liverpool)

LIVERPOOL – Penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker, telah dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia yang ada sekarang. Akan tetapi, bagi mantan kiper Liverpool, David James, Alisson benar-benar merupakan yang terbaik mengalahkan yang lainnya.

Kendati demikian, James tidak memungkiri bahwa dalam karier sebagai pesepakbola ada yang namaya pasang surut. Ia mencontohkan Alisson, yang meski tampil gemilang di musim 2018-2019 saat membawa Liverpool juara Liga Champions, namun kemudian sempat sedikit meredup.

Hal ini disebabkan karena Alisson sempat menderita cedera. Dan pada saat yang sama di musim 2019-2020, muncul penjaga gawang lain yang menampilkan performa lebih brilian. Ia adalah kiper Bayern Munich, Manuel Neuer.

Manuel Neuer

Baca juga: Potensi Grup Neraka di Liga Champions: Liverpool, Barcelona dan Inter Milan Bisa Satu Grup

James tak menyangkal bahwa di musim 2019-2020, Neuer memang tampil luar biasa. Selain mengantarkan Die Roten menyabet treble winner, Neuer juga kerap melakukan penyelamatan gemilang di pertandingan penting.

Meski begitu, ia menilai bukan berarti Alisson menjadi terlihat buruk. Menurutnya, Alisson memiliki kemiripan dengan Cristiano Ronaldo. Dalam artian, Alisson tak perlu melakukan sesuatu yang luar biasa untuk tetap dianggap sebagai yang terbaik.

"Musim sebelumnya (2018-2019), Alisson Becker adalah penjaga gawang terbaik yang saya lihat di Eropa. Karena saya tidak tahu apa yang terjadi di semua liga di seluruh dunia. Saya bisa dengan mudah mengatakan yang terbaik di dunia dan Alisson adalah yang terbaik,” ungkap James, menyadur dari Liverpool Echo, Rabu (30/9/2020).

“Tapi musim lalu ada banyak masalah cedera. Ketika Alisson masuk, itu adalah clean sheet dan dia membuktikan nilainya. Setelah Covid-19, dia tidak dalam kondisi terbaiknya tetapi yang perlu dilakukan Liverpool hanyalah memenangkan liga dan mereka melakukannya,” lanjut James.

Alisson Becker

"Manuel Neuer di sisi lain, di final Liga Champions, ada dua penyelamatan yang dia lakukan yang menjaga clean sheet. (Di Piala Super Eropa melawan Sevilla) melakukan penyelamatan melawan Nasri adalah yang terbaik dan dia saat ini, seperti yang kita bicarakan, penjaga gawang dengan performa terbaik di dunia,” jelasnya.

"Saya pikir Alisson lebih baik daripada Neuer dalam jangka waktu yang lebih lama dan dia akan sekali lagi menjadi yang terbaik. Dia mungkin sedikit mirip Cristiano Ronaldo dalam arti bahwa dia tidak harus melakukan sesuatu yang luar biasa untuk tetap berada di level tertinggi," pungkas James.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini