Juventus Gasak Sampdoria Tiga Gol Tanpa Balas di Giornata Pertama

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 21 September 2020 03:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 47 2280961 juventus-gasak-sampdoria-tiga-gol-tanpa-balas-di-giornata-pertama-liga-italia-2020-2021-ghB6IexzPw.jpg Pemain Juventus melakukan selebrasi (Foto: Twitter Juventus)

TURIN – Juventus meraih kemenangan telak dengan skor 3-0 kala menjamu Sampdoria di giornata pertama Liga Italia 2020-2021. Dalam laga ini, Aaron Ramsey tampil gemilang dengan peluang-peluang yang ia ciptakan. Bahkan Ramsey menyumbang satu assist untuk gol Cristiano Ronaldo.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Juventus mencoba tampil menggebrak begitu pertandingan dimulai. Pada menit keenam Bianconeri mengepung pertahanan Sampdoria, Danilo kemudian muncul untuk melayangkan tembakan. Namun, bola masih melambung terlalu tinggi di atas mistar gawang tim tamu.

Juventus hampir saja membuka keunggulan di menit ke-11. Cristiano Ronaldo yang lolos dari jebakan off-side berhasil menerima umpan Aaron Ramsey dan menuju kotak penalti Sampdoria. Sayangnya, sepakan CR7 dapat ditepis oleh kiper keturunan Indonesia, Emil Audero.

Juventus vs Sampdoria

Juve akhirnya membuka keunggulan dua menit berselang. Dejan Kulusevski dengan sempurna melepaskan tembakan plesing ke sudut kanan bawah gawang Sampdoria. Kali ini Emil Audero tak bisa membendungnya dan Juve pun memimpin 1-0.

Unggul satu gol tak lantas membuat Juve puas. Skuad arahan Andrea Pirlo itu masih terus menekan Sampdoria guna mencari gol kedua. Papan skor hampir saja berubah di menit ke-24 seandainya sepakan Ronaldo tidak membentur mistar gawang.

Sementara itu, Sampdoria terlihat kesulitan untuk bisa mengembangkan permainan. Tak ayal, ketika Federico Bonazzoli memiliki kesempatan memasuki seperempat terakhir wilayah Juve, tembakan langsung dilepaskan. Akan tetapi, arah bola masih melebar.

Berselang tiga menit kemudian, gentian Juve yang menebar ancaman. Umpan tarik yang disodorkan Ramsey ke bagian tengah kotak penalti lekas disambut oleh tendang Ronaldo. Hanya saja, tendangan kapten Timnas Portugal itu masih melenceng tipis ke sisi kanan gawang Sampdoria. Pada akhirnya, babak pertama usai dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, Juve kembali menampilkan permainan menyerang. Di menit ke-48, Gianluca Frabotta melakukan tusukan ke wilayah pertahanan Sampdoria setelah menerima operan Ramsey dan melesakkan tembakan. Meski bola sudah mengarah ke gawang, namun Audero dapat membendungnya.

Sampdoria sendiri tentunya tak ingin menelan kekalahan. Mereka terus berusaha menekan balik Juve demi mendapat gol penyeimbang. Seperti yang terjadi di menit ke-52 kala Bonazzoli dengan cerdik mengecoh dua pemain Bianconeri dan menemukan ruang untuk melepaskan tendangan. Namun, bola sepakannya masih melenceng tipis ke sisi kiri gawang Juve.

Juve pada akhirnya menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 di menit ke-78. Berawal dari tendangan sudut, kemelut pun tercipta di muka gawang Sampdoria. Leonardo Bonucci dengan cermat menyambar bola yang melintas di depannya dan membuat Audero terperangah.

Penyelamatan gemilang dilakukan Wojciech Szczesny pada menit ke-83. Sundulan yang dilepaskan Albin Ekdal mengenai punggung Bonucci dan menyebabkan defleksi. Beruntung, Szczesny tampil sigap dan mengamankan si kulit bundar dalam pelukannya.

Alih-alih mencoba mengejar ketertinggalan, Sampdoria justru kebobolan lagi di menit ke-88. Kali ini giliran Ronaldo yang menjebol gawang mereka lewat sepakan kaki kanan usai mendapat operan Ramsey. Juve pun menjauh 3-0 dan skor ini bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain:

Juventus (3-5-2): Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini; Juan Cuadrado, Adrien Rabiot, Weston McKennie, Aaron Ramsey, Gianluca Frabotta; Dejan Kulusevski, Cristiano Ronaldo.

Cadangan: Mattia De Sciglio, Arthur, Douglas Costa, Daniele Rugani, Merih Demiral, Rodrigo Bentancur, Carlo Pinsoglio, Manolo Portanova, Giacomo Vrioni, Hans Nicolussi Caviglia, Gianluigi Buffon.

Sampdoria (4-5-1): Emil Audero; Bartosz Bereszynski, Omar Colley, Lorenzo Tonelli, Tommaso Augello; Fabio Depaoli, Morten Thorsby, Albin Ekdal, Mehdi Leris, Jakub Jantko; Federico Bonazzoli.

Cadangan: Ronaldo Vieira, Julian Chabot, Valerio Verre, Gaston Ramirez, Vasco Regini, Antonino La Gumina, Maya Yoshida, Alex Ferrari, Fabio Quagliarella, Leonardo Capezzi, Nicola Ravaglia, Mikkel Damsgaard.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini