Ganti Sponsor, Bayaran Neymar Lewati Ronaldo dan Messi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 51 2280691 ganti-sponsor-bayaran-neymar-lewati-ronaldo-dan-messi-rPPfhVjlSl.jpg Neymar Jr tampil mengenakan sepatu baru (Foto: PSG)

SEBUAH langkah berani dilakukan Neymar Junior. Pemain asal Brasil itu nekat mengakhiri kerja sama dengan produsen olahraga asal Amerika Serikat (AS), Nike, dan memilih hijrah ke Puma. Ia diikat kontrak bernilai fantastis, yakni 23 juta poundsterling (setara Rp437 miliar) per tahun.

Seperti diketahui, Neymar Jr selama ini identik dengan Nike. Betapa tidak, produsen olahraga berlambang centang itu sudah menjadi sponsor pribadinya sejak masih memulai karier sebagai pesepakbola di Brasil. Nike bahkan rela menjadi sponsor Sao Paulo, klub Neymar dahulu.

Nike menjadikan Neymar Jr sebagai duta produknya dalam 11 tahun terakhir. Apalagi, duta utama mereka, Cristiano Ronaldo, lebih banyak membela klub yang disponsori oleh rival Nike, Adidas, sepanjang satu dekade terakhir.

Baca juga: Neymar Minta Maaf Usai Dikartu Merah pada Laga PSG vs Marseille

Neymar Jr kini jadi duta Puma (Foto: Twitter/@PUMA)

Perlu dicatat, Neymar Jr selalu membela klub yang disponsori oleh Nike, yakni Sao Paulo, Barcelona, Paris Saint-Germain (PSG), dan Tim Nasional (Timnas) Brasil. Akan tetapi, pemain berusia 28 tahun itu kini rela mengkhianati Nike dan hijrah ke Puma.

Neymar Jr resmi menjadi wajah baru bagi Puma terhitung sejak awal September 2020. Ia diketahui dikontrak senilai 23 juta poundsterling oleh produsen asal Jerman itu. Nilai kontraknya bahkan melampaui Cristiano Ronaldo bersama Nike dan Lionel Messi yang diikat Adidas.

Cristiano Ronaldo diketahui mendapat bayaran senilai 15 juta poundsterling (setara Rp285 miliar) dari Nike per tahun. Sementara itu, nilai kontrak Lionel Messi bersama Adidas menyentuh angka 18 juta poundsterling (setara Rp342 miliar) per tahun.

Sebetulnya, Neymar Jr masih memiliki kontrak dengan Nike hingga dua tahun ke depan. Akan tetapi, ia memilih mengakhiri kerja sama itu lebih cepat. Bukan masalah nilai kontrak, melainkan inspirasi dari legenda-legenda sepakbola yang membuatnya nekat beralih ke Puma.

“Saya tumbuh menyaksikan video dari legenda seperti Pele, Johan Cruyff, Eusebio, dan Diego Maradona, yang masing-masing bermain dengan menggunakan sepatu Puma,” papar Neymar Jr, dikutip dari The Sun, Minggu (20/9/2020).

Ya, Neymar Jr memang dijadikan duta oleh Puma untuk mempromosikan produk sepatu sepakbola andalan mereka, King. Sepatu berwarna hitam nan klasik itu sudah dipakai Neymar Jr pada laga kontra Olympique Marseille, 14 September 2020 dini hari WIB.

Sayangnya, debut Neymar Jr bersama Puma kurang manis. Pemain bernomor punggung 10 itu gagal membawa kesebelasannya menang, bahkan dikartu merah wasit karena dinilai bertindak kasar kepada pemain belakang Marseille.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini