Alasan Barcelona Bermain Defensif di Bawah Arahan Koeman

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 14 September 2020 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 46 2277383 alasan-barcelona-bermain-defensif-di-bawah-arahan-koeman-fuypfYIfbv.jpg Koeman saat memimpin pertandingan Barcelona. (Foto: @RonaldKoeman)

BARCELONA – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menurunkan pola 4-2-3-1 saat Blaugrana –julukan Barcelona– menang 3-1 atas Gimnastic de Tarragona di laga uji coba yang dilangsungkan pada Minggu 13 September 2020 dini hari WIB.

Pola tersebut cukup jarang diterapkan pelatih Barcelona sebelum Koeman. Biasanya, pelatih-pelatih Barcelona sebelumnya mengandalkan 4-3-3, yang dimaksudkan untuk mendominasi pertandingan.

Barcelona

Bagaimana dengan Koeman? Pelatih 57 tahun itu memainkan dua gelandang pivot, yang mengindikasikan Barcelona bermain agak bertahan. Dalam laga kontra Gimnastic de Tarragona, posisi gelandang double pivot dipercayakan kepada Sergio Busquets dan Carles Alena.

Lantas, apa maksud Koeman memainkan pola 4-2-3-1, yang mengindikasikan Barcelona bermain agak bertahan? pelatih 57 tahun itu mengungkap alasan sebenarnya.

“Pola ini mungkin berbeda dan sedikit defensif ketimbang apa yang terlihat dalam beberapa tahun terakhir. Namun, fungsi dan tujuan kami tetap sama, yakni memindahkan bola secara cepat, menguasai bola dan menemukan ruang sebanyak mungkin,” kata Koeman mengutip dari The Sun, Senin (14/9/2020).

BACA JUGA: Barcelona Lebih Butuh Mohamed Salah atau Memphis Depay?

Melihat komposisi pemain saat ini, titik lemah Barcelona ada di sisi kanan penyerangan. Terbukti ketika Barcelona menang 3-1 atas Gimnastic de Tarragona, Koeman memercayakan posisi itu kepada remaja 17 tahun, Pedri.

Di babak kedua, posisi winger kanan juga diberikan kepada pemain muda, Fransico Trincao. Sebenarnya, Barcelona mempunyai Ousmane Dembele, namun winger berpaspor Prancis itu kemungkinan diperankan sebagai winger kiri.

Ronald Koeman

Bagaimana dengan Lionel Messi? Mengingat usia Messi sudah tak muda lagi, La Pulga –julukan Messi– diprediksi takkan bergerak sebagai winger kanan.

Berdasarkan penempatan posisi di laga kontra Gimnastic de Tarragona, Messi akan diperankan sebagai penyerang palsu atau biasa disebut false nine. Karena itu, Barcelona dalam beberapa hari terakhir dikaitkan dengan winger kanan Liverpool, Mohamed Salah.

Menurut laporan agen Donny van de Beek, Sjaak Swart, Koeman tertarik mendatangkan Mohamed Salah. Di sisi lain, Mohamed Salah juga dilaporkan tertarik meninggalkan Liverpool.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini