Ini Rencana Koeman di Laga Barcelona vs Gimnastic Tarragona

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 12 September 2020 00:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 12 46 2276548 ini-rencana-koeman-di-laga-barcelona-vs-gimnastic-tarragona-VgOKp9yXdg.jpg Ronald Koeman memimpin latihan (Foto: Barcelona)

BARCELONA – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, bertekad memberi menit bermain yang rata bagi anak asuhnya jelang laga uji coba kontra Gimnastic de Tarragona, Minggu 13 September 2020 dini hari WIB. Kebijakan itu diambil mengingat laga tersebut adalah uji coba pertama mereka.

Seperti diketahui, seluruh pemain Barcelona, termasuk megabintang Lionel Messi, sudah terlihat berlatih di Ciutat Esportiva Joan Gamper sejak awal September 2020. Mereka tengah bersiap menyambut musim baru La Liga Spanyol 2020-2021 yang dimulai pada akhir pekan ini.

Barcelona sendiri belum akan bermain di La Liga Spanyol 2020-2021. Hal itu terjadi karena keikutsertaan mereka di Liga Champions 2019-2020 yang berlangsung Agustus lalu. La Liga memberikan tambahan waktu istirahat bagi Blaugrana.

Baca juga: 5 Pemain yang di Luar Dugaan Dijual Barcelona

Skuad Barcelona berlatih jelang laga (Foto: Barcelona)

Mundurnya pertandingan pertama membuat Barcelona memiliki waktu cukup luang untuk melakukan partai uji coba. Laga melawan Gimnastic Tarragona menjadi uji coba pertama. Mengingat statusnya hanya laga uji coba, Ronald Koeman berjanji memberikan waktu bermain yang merata.

“Semua pemain akan mendapatkan waktu 45 menit. Ini adalah pertandingan yang akan dimainkan dengan dua tim berbeda,” ujar Ronald Koeman, sebagaimana dikutip dari laman resmi Barcelona, Sabtu (12/9/2020).

“Kami ingin mencari intensitas sekaligus identitas permainan, bagaimana kami ingin memainkan bola, transisi, serta pressing. Kami juga ingin melihat hal-hal yang perlu diperbaiki dan bagaimana tim ini bermain,” imbuh pria berkebangsaan Belanda itu.

Selepas melawan Gimnastic, Barcelona dijadwalkan menjamu sesama klub asal Catalunya, Girona, pada Kamis 17 September 2020 dini hari WIB. Ronald Koeman mengakui, timnya hanya mendapatkan waktu pramusim selama empat pekan saja.

Mepetnya waktu persiapan itu dianggap sedikit aneh. Sebab, latihan pramusim seakan menjadi panggung individu-individu untuk mencapai level kebugaran yang diharapkan. Padahal, biasanya klub sudah mulai merancang program latihan secara serempak.

“Ini sedikit tricky. Pramusim yang pendek dan kami hanya mendapatkan jatah empat pekan sebelum laga pembuka melawan Villareal (27 September 2020),” lanjut Ronald Koeman.

“Ini lebih seperti pramusim individu buat pemain, karena ada beberapa yang punya waktu istirahat lebih, sementara yang lain sudah bermain. Kami harus memastikan semua orang dalam top form sebelum laga pembuka,” tutup pria berusia 57 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini