Belum Beli Pemain, Real Madrid Fokus Cuci Gudang?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 46 2274445 belum-beli-pemain-real-madrid-fokus-cuci-gudang-R99ZcJuBlg.jpg Skuad Real Madrid musim 2019-2020 (Foto: Real Madrid)

MADRID – Sepekan sebelum La Liga Spanyol 2020-2021 bergulir, Real Madrid tercatat belum mendatangkan pemain sama sekali. Los Blancos malah dikabarkan bakal melepas lebih banyak pemain daripada membeli.

Kembalinya sejumlah pemain dari masa peminjaman, membuat skuad Real Madrid kini dihuni setidaknya 28 orang. Jumlah tersebut sempat menyentuh angka 29, sebelum James Rodriguez akhirnya resmi dilego ke Everton dengan mahar 20 juta poundsterling (setara Rp388,7 miliar).

James Rodriguez diyakini bukan menjadi pemain terakhir yang dijual atau dipinjamkan ke klub lain. Dari daftar saat ini, masih ada nama Mariano Diaz, Gareth Bale, Borja Mayoral, Lucas Vazquez, Alvaro Odriozola, dan Sergio Reguilon yang sedang mengantre menuju pintu keluar.

Baca juga: Real Madrid Sodorkan Sergio Reguilon ke Man United di Musim Panas Ini

Gareth Bale menuju pintu keluar Santiago Bernabeu

Nama-nama yang disebut di atas memang tidak mendapat tempat dalam skuad racikan Zinedine Zidane sepanjang 2019-2020. Borja Mayoral, Alvaro Odriozola, dan Sergio Reguilon bahkan dipinjamkan ke klub lain sepanjang musim lalu.

Sementara Mariano Diaz, Gareth Bale, dan Lucas Vazquez, lebih banyak menghangatkan bangku cadangan. Dari tiga nama itu, Gareth Bale yang paling santer diberitakan ingin hengkang ke klub lain. Selain minim kontribusi musim lalu, gaji pemain asal Wales itu juga membebani keuangan klub.

Gareth Bale hanya tampil sebanyak 20 kali di semua kompetisi musim lalu dengan catatan tiga gol dan dua assist. Masalah kebugaran menjadi penghalang utama pemain berusia 31 tahun itu sehingga jarang merumput. Tak pelak, ia dianggap hanya makan gaji buta di Real Madrid.

Sekadar informasi, Gareth Bale digaji sebesar 15 juta Euro (setara Rp262 miliar) per tahun oleh Real Madrid. Dengan kontrak tersisa dua tahun lagi hingga 30 Juni 2022, tentu saja sia-sia Los Merengues mengeluarkan uang 30 juta Euro untuk seorang pemain yang lebih banyak diparkir di bangku cadangan.

Menurut catatan Transfermarkt, hingga Selasa (8/9/2020), Real Madrid sudah melepas 14 pemain. Sebanyak tujuh pemain dijual, sedangkan lima orang dipinjamkan, satu kembali ke klub asalnya, dan satu lagi dilepas gratis, yang ironisnya adalah putra Zinedine Zidane, Luca.

Dari pelepasan pemain itu, Real Madrid mendapatkan dana segar 91,5 juta Euro (setara Rp1,60 triliun). Nominal tersebut masih berselisih 38,5 juta Euro (setara Rp672,6 miliar) dari hasil penjualan musim lalu. Sayangnya, neraca keuangan dari aktivitas transfer musim panas 2019 tercatat minus 267,5 juta Euro (setara Rp4,67 triliun).

Patut dinanti aktivitas Real Madrid di bursa transfer musim panas 2020. Kendati belum mendatangkan pemain, bukan tidak mungkin mereka ingin membeli 1-2 nama untuk menambal kekurangan di tim. Apalagi, bursa transfer pemain masih dibuka hingga 5 Oktober mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini