Griezmann Gagal Bersinar karena Salah Barcelona

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 07 September 2020 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 46 2273962 griezmann-gagal-bersinar-karena-salah-barcelona-4OVtsgkkdK.jpg Antoine Griezmann (Foto: Media Barcelona)

BARCELONA – Antoine Griezmann diboyong oleh Barcelona dari Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2019 dengan harga 120 juta euro. Akan tetapi, banyak pihak menganggap Griezmann sebagai pembelian gagal lantaran tidak menunjukkan permainan yang apik secara konsisten di Barca.

Di musim kompetisi 2019-2020, Griezmann telah tampil sebanyak 48 kali untuk Blaugrana. Namun, penyerang berkebangsaan Prancis itu hanya mampu mencatatkan 15 gol dan empat assist.

Jumlah tersebut tentunya tidak sepadan dengan harga yang telah dibayarkan oleh Barca ke Atletico. Kendati demikian, dalam kasus ini, mantan bek Barca, Andrea Orlandi, tak ingin menyalahkan Griezmann.

Baca juga: Kekalahan Telak dari Bayern Dorong Revolusi Barcelona Berjalan Lebih Cepat

Antoine Griezmann

Menurut Orlandi, Griezmann tampil buruk di Barca karena kesalahan pelatih. Sebab, pemenang Piala Dunia 2018 itu lebih sering dimainkan sebagai winger, dengan rincian 25 kali sebagai winger kiri dan 18 kali winger kanan.

Padahal posisi terbaik Griezmann adalah gelandang serang yang berdiri tepat di belakang striker. Saat Griezmann bermain di Timnas Prancis dan Atletico, ia selalu ditempatkan di belakang striker.

Hasilnya pun gemilang, di mana Griezmann mampu menyetir permainan dengan sangat baik, bahkan mencetak banyak gol. Maka dari itu, ketika Griezmann tak tampil bagus di Barca, maka yang harus disalahkan adalah orang yang menempatkan dia bukan di posisi terbaiknya.

"Jika Anda merekrut Griezmann untuk bermain sebagai winger kiri, maka saya terkejut dengan para direktur Barcelona yang berpikir bahwa posisi terbaiknya adalah bermain di sana. Terutama ketika Anda membayar uang sebanyak itu untuk pemain kelas dunia yang sudah terbukti. Anda perlu memainkannya dalam posisi terbaiknya,” tegas Orlandi, menukil dari Goal, Senin (7/9/2020).

"Inilah yang dikatakan (Ronald) Koeman dan inilah mengapa saya pikir kami akan melihat yang terbaik dari Antoine Griezmann musim depan. Ketika Anda membeli pemain dengan silsilah dan uang sebanyak itu, maka Anda harus memainkannya dalam posisi terbaiknya,” lanjut Orlandi.

“Griezmann sebagai pemain nomor 10 dengan Messi di kanan dan seseorang di depan akan menguntungkan Barcelona. Saya tidak melihat Griezmann sebagai pemain nomor 9. Ia membutuhkan pemain nomor 9 yang lain untuk bermain. Ia melakukannya dengan Olivier Giroud, Diego Costa, dan Fernando Torres,” jelas Orlandi.

"Dia membutuhkan kebebasan untuk berkeliaran di sekitar kotak karena dia adalah pemain yang sangat pintar. Dia akan terus melakukan itu. Dia hanya membutuhkan kebebasan untuk menyerang; secara defensif dia akan melakukan pekerjaan itu, dia akan berlari, dia kadang-kadang ada di bek kiri untuk Barcelona musim lalu jadi tidak masalah,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini