Share

Jurgen Klopp: Liverpool Sukses Bukan Cuma karena Saya

Andika Pratama, Okezone · Selasa 18 Agustus 2020 02:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 45 2263613 jurgen-klopp-liverpool-sukses-bukan-cuma-karena-saya-IBxKmZdoUA.jpg Jurgen Klopp (Foto: Premier League)

SALZBURG – Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menilai kesuksesan The Reds –julukan Liverpoo– dalam dua musim terakhir bukan hanya karena dirinya sendiri. Klopp menyatakan dirinya dibantu banyak orang untuk menjadikan Liverpool seperti sekarang.

Klopp memulai kariernya di Liverpool pada 8 Oktober 2015. Ia datang sebagai pengganti dari Brendan Rodgers. Klopp berjasa besar dalam membangun filosofi permainan The Reds –julukan Liverpool.

Jurgen Klopp dan para pemain Liverpool (Foto: UEFA)

Namun, awal perjalanan Klopp bersama Liverpool tidaklah mudah. Klopp gagal membawa Liverpool meraih trofi pada tahun pertamanya meski tampil di final Piala Liga Inggris dan Liga Eropa 2015-2016.

Klopp baru berhasil memberikan trofi pertama untuk Liverpool pada akhir musim 2018-2019 dengan membawa The Reds menjuarai Liga Champions. Trofi Liga Champions adalah permulaan bagi Liverpool. The Reds meraih prestasi lain setelahnya, yakni menjuarai Piala Super Eropa 2019, Piala Dunia Klub 2019, dan Liga Inggris 2019-2020.

BACA JUGA: Liverpool Akan Tetap Tidak Menyenangkan untuk Lawan pada Musim 2020-2021

Trofi Liga Inggris membuat Klopp dianugerahi penghargaan Manajer Terbaik Liga Inggris 2019-2020. Akan tetapi, Klopp tidak mau dianggap seorang diri membawa Liverpool sukses seperti sekarang.

Juru taktik berumur 53 tahun itu menyatakan dirinya dibantu banyak pihak untuk membangun Liverpool. Menurut Klopp, Liverpool sukses karena setiap orang memberikan yang terbaik dalam bidangnya masing-masing.

Follow Berita Okezone di Google News

“Belum lama ini Klopp tidak bisa memenangkan final dan tentu saja Liga Inggris dalam hidup ini. Sekarang semuanya dibahas dan dipersepsikan berbeda. Tentu saja, Anda lebih suka menjadi populer daripada tidak populer. Lebih baik langsing daripada gemuk. Dan menang juga lebih bagus daripada kalah,” kata Klopp, menyadur dari Sportskeeda, Selasa (18/8/2020).

“Saya sekarang adalah pelatih yang lebih baik daripada sepuluh tahun lalu. Keseluruhan paket Klopp lebih koheren, lebih kompleks,” tuturnya.

"Dalam pekerjaan saya di Inggris, penting untuk menemukan yang terbaik dan paling termotivasi di semua bidang dan merekrut mereka. Itu adalah seni dan tantangan terbesar,” ucap mantan juru taktik Borussia Dortmund itu.

"Pemain, pelatih, fisioterapis, pemijat, dokter, analis video, penasihat nutrisi, komunikasi, di bidang apa pun. Kami ditempatkan secara sensasional di Liverpool. Saya mempercayai karyawan saya 100 persen. Liverpool bukan pertunjukan satu orang,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini