Laga Barcelona vs Napoli Berpotensi Digelar di Tempat Netral

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 261 2253760 laga-barcelona-vs-napoli-berpotensi-digelar-di-tempat-netral-Hy4fEgzaVU.jpg Leg I Napoli vs Barcelona berakhir 1-1 (Foto: UEFA)

NYON – Nasib laga leg kedua 16 besar Liga Champions 2019-2020 antara Barcelona vs Napoli menjadi buram akibat pandemi Covid-19. Melihat situasi di Barcelona yang masih belum kondusif, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) bersiap memindahkan laga tersebut ke Portugal.

Seperti diketahui, laga antara Barcelona vs Napoli sedianya dilangsungkan di Stadion Camp Nou pada pertengahan Maret 2020. Namun, pertandingan kemudian ditunda karena pandemi Covid-19 di seantero Eropa.

UEFA lantas memindahkan semua laga leg kedua yang tertunda ke 8-9 Agustus 2020 dini hari WIB, termasuk Barcelona vs Napoli. Pertandingan tersebut sedianya digelar pada 9 Agustus 2020 dini hari WIB, di Stadion Camp Nou, sesuai dengan jadwal semula.

Baca juga: Barcelona vs Napoli, Gattuso Khawatirkan Kasus Covid-19 di Catalunya

Stadion Camp Nou, markas Barcelona

Namun, venue laga terancam dipindah. Sebab, dalam sepekan terakhir menurut laman Catalan News, kasus positif melonjak drastis di Barcelona. Sedikitnya 800 kasus positif tercatat setiap harinya selama satu pekan terakhir di kawasan tersebut. Fakta itu tentu menjadi perhatian tersendiri.

Anggota Dewan UEFA, Evelina Christillin, mengonfirmasi ada kemungkinan laga akan dipindah ke tempat netral, yakni Guimaraes atau Oporto di Portugal. Untuk sementara ini, laga tetap dilangsungkan di Camp Nou sesuai rencana awal, sembari menunggu saran dari Pemerintah Spanyol.

“Guiamares dan Oporto sudah disiapkan sebagai plan b (rencana cadangan) serta menjadi opsi untuk situasi sulit lainnya. Untuk saat ini, laga masih dimainkan di Camp Nou. Saya tidak tahu kapan batas akhirnya, tetapi saya sudah tahu plan b seperti apa,” papar Evelina Christillin, dikutip dari Football Italia, Rabu (29/7/2020).

Andai dipindahkan ke tempat netral, maka Napoli hampir pasti akan diuntungkan. Sebab, Barcelona tidak bisa mengandalkan magis Stadion Camp Nou untuk menyisihkan I Partenopei yang mampu mengimbangi mereka dengan skor 1-1 di San Paolo, Februari lalu.

Celakanya, Liga Champions 2019-2020 menjadi tumpuan harapan Barcelona meraih trofi pada musim ini. Blaugrana baru saja kehilangan gelar juara Liga Spanyol 2019-2020 yang direbut rival abadinya, Real Madrid.

Apabila laga benar-benar dipindahkan ke Portugal, maka Barcelona dan Napoli akan lebih dulu beradaptasi dengan venue Final Eight Liga Champions 2019-2020. Seperti diketahui, UEFA memberlakukan format baru untuk menyelesaikan kompetisi antarklub paling bergengsi tersebut.

UEFA menunjuk Portugal sebagai lokasi home tournament mulai babak perempatfinal hingga final. Negara asal Cristiano Ronaldo itu dianggap aman dari ancaman Covid-19. Laga Final Liga Champions 2019-2020 sendiri akan dihelat di Stadion Da Luz, Lisbon, pada 24 Agustus dini hari WIB, tanpa penonton.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini