Man United Jadi Pencapaian Terbesar dalam Karier Van Gaal

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 45 2221252 man-united-jadi-pencapaian-terbesar-dalam-karier-van-gaal-I3hlOcjke9.jpg Louis van Gaal (Foto: AFP)

AMSTERDAM – Perjalanan Louis van Gaal bersama Manchester United tidak berjalan mulus sebagaimana harapan banyak orang. Akan tetapi, Van Gaal tidak menganggap perjalanannya bersama The Red Devils –julukan Man United– sebagai kegagalan. Van Gaal justru menyatakan melatih Man United adalah pencapaian terbesarnya sebagai juru taktik.

Perjalanan Van Gaal bersama Man United dimulai pada 14 Juli 2014, eks juru taktik Barcelona itu ditunjuk untuk menggantikan David Moyes yang dipecat. Kedatangan Van Gaal membuat banyak penggemar Man United gembira. Para penggemar menilai Van Gaal adalah sosok yang tepat untuk membangkitkan Man United, yang terpuruk sejak ditinggal pensiun Sir Alex Ferguson pada akhir musim 2012-2013.

Man United (Foto: Reuters)

Van Gaal pun berusaha untuk memenuhi harapan itu. Akan tetapi, Van Gaal kesulitan mengeluarkan Man United dari keterpurukan. Van Gaal hanya mampu membawa Man United finis di posisi keempat pada klasemen akhir Liga Inggris 2014-2015, tanpa meraih satu pun trofi.

BACA JUGA: Man United Lakukan Kesalahan jika Ganti Solskjaer dengan Pochettino

Pada musim 2015-2016, Van Gaal gagal membawa Man United lolos ke Liga Champions. Man United asuhan Van Gaal hanya finis di posisi keenam pada klasemen akhir. Akan tetapi, Man United mampu meraih trofi Piala FA pada musim kedua Van Gaal. Setelah meraih trofi tersebut, Van Gaal dipecat Man United pada 30 Juni 2016. Perjalanan Van Gaal dengan Man United terkesan buruk, tetapi itu sangat berarti untuk juru taktik asal Belanda tersebut.

“Saya seorang yang optimis. Anda harus mengecewakan saya lebih dari satu kali jika ingin saya menutup pintu. Semua orang mendapat kesempatan kedua dengan saya,” ujar Van Gaal, menyadur dari Sportskeeda, Jumat (29/5/2020).

“Terlepas dari kekecewaan itu (dipecat Man United), Man United berhasil menjuarai Piala FA. Man United sebenarnya merupakan pencapaian terbesar dalam karier saya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini