nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalah Bersaing dengan Ronaldo dan Rooney, Eks Pemain Man United Ini Jadi Pebisnis Ulung

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 16:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 27 45 2190008 kalah-bersaing-dengan-ronaldo-dan-rooney-eks-pemain-man-united-ini-jadi-pebisnis-ulung-ctontmg5ei.jpg Roman Calliste sukses besar di bisnis jam. (Foto: The Sun)

MANCHESTER – Jalan karier seseorang memang tidak ada yang tahu. Seseorang bisa saja gagal di satu bisnis yang digeluti, namun bisa bersinar ketika menjalani bisnis lainnya.

Hal itulah yang dilakukan eks penyerang Manchester United U-18 hingga U-23, Ramon Calliste. Pria 35 tahun itu bergabung bersama tim U-18 Man United dari 2001 hingga 2003. Kemudian pada 2003-2005, Ramon membela tim U-23 Setan Merah.

Roman Calliste

(Roman Calliste saat membela Man United. Foto: The Sun)

Sekadar informasi dalam kurun 2003-2005, Man United diperkuat dua pemain muda yang kemudian melegenda di persepakbolaan dunia, Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo. Meski tak pernah membela tim senior Man United, Ramon yang berpaspor Wales sempat berlatih bareng dengan skuad utama Setan Merah, termasuk Ronaldo dan Rooney.

Gagal total bersama Man United, Roman mencoba peruntungan dengan Liverpool pada musim panas 2005. Hanya saja sama seperti di Man United, Ramon hanya diplot membela tim U-23. Karena itu pada musim panas 2006, Ramon memutuskan pindah ke tim yang kini mentas di Divisi IV Liga Inggris, Scunthorpe United.

BACA JUGA: Man United Diklaim Pimpin Perburuan Jadon Sancho

Nasib apes pun dialami Ramon kala itu, yang mana ia mengalami patah engkel. Sejak saat itu Ramon tak lagi maksimal bermain sepakbola hingga memutuskan pensiun pada 2009. Ramon sempat mengalami masa-masa kelam dari 2009 hingga 2013 karena kesulitan keuangan.

Akan tetapi, secercah harapan hadir pada 2013. Pria berkepala plontos itu memiliki pikiran untuk membangun bisnis menjual jam tangan mewah seperti Rolex, Audemars Piguet, dan Hublot. Tidak disangka, bisnis tersebut membuat Roman dapat hidup mewah karena dapat meraup untung 5 juta pounds atau sekira Rp98,3 miliar per tahun.

Global Watches

(Perusahaan Global Watches yang dibangun Roman Calliste. Foto The Sun)

“Ketika saya menyadari sepakbola tidak akan memberi saya kehidupan yang saya inginkan, saya tahu harus bergerak cepat. Saya mulai terlibat dalam bisnis jam tangan memanfaatkan channel yang saya miliki di sepakbola,” kata Ramon mengutip dari The Sun, Jumat (27/3/2020).

“Setelah saya melihat itu bisa menjadi bisnis yang layak, saya mendirikan perusahaan bernama Global Watches pada 2013. Setelah itu, perusahaan itu menjadi perusahaan yang kuat dan kini menghasilkan jutaan pounds,” tutup Roman.

Global Watches

(Salah satu jam yang dijual Roman)

Berkat kerja kerasnya menggeluti bisnis jam tersebut, Roman kini memiliki rumah dan mobil mewah, sesuatu yang awalnya diharapkan dapat diraih dengan status pesepakbola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini