nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Singkat Derby della Capitale, Duel Panas AS Roma vs Lazio

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 20:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 26 47 2158525 sejarah-singkat-derby-della-capitale-duel-panas-as-roma-vs-lazio-gVdCcpBo3j.jpg Lazio vs AS Roma (Foto: Media Lazio)

ROMA – Laga akbar yang bertajuk Derby della Capitale bakal tersaji malam ini, Minggu (26/1/2020) kala AS Roma berhadapan dengan Lazio. Laga yang juga dikenal dengan sebutan Derby Roma ini sejatinya adalah salah satu pertandingan sepakbola terpanas dalam sejarah.

Cikal bakal terciptanya Derby Roma ini sebenarnya tak lepas dari adu gengsi antara masyarakat Italia bagian Utara dengan Selatan. Pada awal 1900-an, sepakbola Italia sejatinya dikuasai oleh klub-klub asal wilayah Utara, seperti Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Baca juga: Jelang Derby, Fonseca Ingin AS Roma Lebih Agresif Rebut Bola

Hal itu pada akhirnya membuat salah satu tokoh fasis dunia, Benito Mussolini, memiliki ide untuk menyatukan klub-klub yang berbasis di Kota Roma, yakni Fortitudo-Pro Roma SGS, Roman FC, SS Alba-Audace, dan SS Lazio, pada 1927. Mussolini pasalnya bermaksud menyeimbangkan kekuatan sepakbola di Italia agar tidak hanya didominasi oleh klub-klub dari Utara.

Kendati demikian, karena pengaruh dari jenderal fasis, Giorgio Vaccaro, Lazio menjadi satu-satunya klub yang menolak untuk bergabung. Pasalnya, Lazio merupakan identitas kaum borjuis, sehingga mereka menolak untuk menyatukan diri dengan pendukung Roma yang berbasis proletar. Lazio mencoba menjaga gengsi mereka.

Penolakan Lazio itulah yang pada akhinya menjadi sumber permusuhan abadi dengan AS Roma. Selain itu, kedua suporter klub juga saling mengklaim bahwa diri mereka adalah masyarakat Kota Roma yang paling sejati.

Lazio mengklaim seperti itu karena mereka sudah berdiri sejak 1900 dan menjadi klub sepakbola paling tua di Roma. Sementara itu, pendukung AS Roma memandang Lazio bukanlah klub yang berasal asli dari Kota Roma. Sebab, sebagian besar pendukung Lazio adalah pendatang dari Parioli, Prati, Flaminio, Cassia dan Monte Mario.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini