Share

Gol Liverpool Disahkan, Mourinho Bingung dengan Penerapan VAR

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Minggu 12 Januari 2020 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 12 45 2152054 gol-liverpool-disahkan-mourinho-bingung-dengan-penerapan-var-OYAhI7pDSb.jpg Jose Mourinho menilai gol Roberto Firmino tidak perlu terjadi andai lemparan ke dalam diberi kepada timnya (Foto: Reuters)

LONDON – Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, kecewa dengan penerapan VAR di Liga Inggris 2019-2020. Sebab, perangkat teknologi tersebut gagal mengidentifikasi keanehan yang menyebabkan skuad asuhannya menelan kekalahan 0-1 dari Liverpool pada pekan 22, Minggu (12/1/2020) dini hari WIB.

Gol tunggal Liverpool di laga tersebut dicetak oleh Roberto Firmino pada menit 37. Proses gol berlangsung cukup indah karena pemain berkebangsaan Brasil itu mengecoh satu bek lawan sebelum melepaskan tembakan yang merobek jala gawang Paulo Gazzaniga.

Jose Mourinho menilai lemparan ke dalam Liverpool seharusnya untuk Tottenham Hotspur (Foto: Reuters)

Baca juga: Dikalahkan Liverpool, Mourinho Jadikan Cedera sebagai Alasan

Keluhan Jose Mourinho bukan pada dugaan offside atau pelanggaran, melainkan sebelum bola mencapai kaki Roberto Firmino. Beberapa saat sebelum bola mencapai kotak penalti, terjadi lemparan ke dalam. Nah, pria berpaspor Portugal itu mengklaim lemparan ke dalam harusnya untuk Spurs bukan Liverpool.

“Saya tidak sempat mengecek tayangan ulang. Yang saya lihat adalah 200% lemparan ke dalam yang mengawali gol tersebut adalah untuk kami. Saya bingung dengan penerapan VAR karena hal itu,” ujar Jose Mourinho seusai laga, dilansir dari Goal, Minggu (12/1/2020).

Jose Mourinho sebal anak asuhnya kurang tenang menghadapi situasi bola mati (Foto: Premier League)

Perangkat pertandingan memang sempat mengecek keabsahan gol tersebut lewat VAR. Namun, mereka lebih tertarik pada potensi adanya handball dari Jordan Henderson sebelum gol, bukan kepada lemparan ke dalam yang dilakukan tim tamu.

Para penggawa Spurs sempat memprotes karena merasa bola terakhir kali menyentuh kaki Sadio Mane, yang diperkuat dari tayangan ulang. Mengingat hasil laga sudah tidak bisa diubah, maka Jose Mourinho juga kecewa karena anak asuhnya kehilangan ketenangan saat mengantisipasi situasi bola mati yang berujung gol tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini