Jelang Turun di Kualifikasi I Liga Champions Asia, Bali United Latihan di Rumput Sintetis

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 51 2150737 jelang-turun-di-kualifikasi-i-liga-champions-asia-bali-united-latihan-di-rumput-sintetis-XY98VX2zjH.jpg Hariono sudah berlatih bersama Bali United. (Foto: @BaliUtd)

DENPASAR – Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, memimpin skuad asuhannya berlatih di lapangan Australian Independent School (AIS Denpasar) yang beralaskan rumput sintetis. Hal itu dilakukan Teco agar Stefano Lilipaly dan kawan-kawan segera beradaptasi dengan arena rumput sintetis.

Sebab, pada 14 Januari 2020, Bali United akan menghadapi wakil Singapura, Tampines Rovers, di Kualifikasi I Liga Champions Asia 2020. Pertandingan sendiri digelar di Stadion Jalan Besar yang beralaskan rumput sintetis.

Nadeo

(Nadeo dan Leonard berlatih di rumput sintetis. Foto: @BaliUtd)

"Ya, kami baru pertama kali latihan disini (AIS) untuk adaptasi lapangan sebelum melawan Tampines Rovers. Seperti kita tahu, di stadion tempat pertandingan nanti menggunakan lapangan artifisial (sintetis),” kata Teco mengutip dari laman resmi Bali United. Rabu (8/1/2020).

"Ke depannya, minimal ada satu kali lagi sesi latihan di lapangan artifisial dan satu kali sesi uji coba lapangan di stadion pertandingan agar pemain lebih terbiasa," lanjut pelatih yang telah mengantongi dua gelar juara Liga 1 itu.

BACA JUGA: Malaysia Undur Diri dari ASEAN Club Championship 2020, Bagaimana Indonesia?

Teco pun mengungkapkan perbedaan antara rumput alami dan sintetis. Dalam pandangan Teco, lapangan rumput sintetis memiliki permukaan yang kasar. Meski begitu, mereka harus siap turun di lapangan jenis tersebut karena Stadion Jalan Besar sudah lolos verifikasi AFC.

"Pastinya jenis lapangan artifisial berbeda dengan jenis lapangan yang biasa kami gunakan. Perbedaannya ada di kecepatan aliran bola dan juga permukaannya lebih keras. Tapi, para pemain harus menyesuaikan diri karena jenis lapangan ini lolos verifikasi AFC dan kami akan bermain di sana nantinya," lanjut eks pelatih Persija Jakarta itu.

Teco

Bali United pun akan melalui jalan panjang jika ingin lolos ke Fase Grup Liga Champions Asia 2020. Andai menang atas Tampines Rovers, Laskar Serdadu Tridatu akan melewati dua pertandingan tambahan jika ingin mentas di fase grup.

Jika menang atas Tampines, Bali United akan bersua peringkat tiga Liga Australia 2018-2019, Melbourne Victory pada 21 Januari 2020. Jika menang atas Melbourne Victory, Bali United akan bertemu peringkat tiga Liga Jepang 2019, Kashima Antlers pada 28 Januari 2020. Andai menang atas Kashima, barulah Bali United lolos ke Fase Grup Liga Champions Asia 2020.

Bagaimana jika Bali United takluk di babak kualifikasi? Irfan Bachdim dan kawan-kawan akan mentas di Piala AFC 2020 dan tergabung di Grup G bersama Ceres Negros (Filipina), Than Quang Ninh (Vietnam) dan pemenang playoff dari ASEAN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini