Share

Adama Traore, Tinggalkan Barcelona dan Bersinar di Liga Inggris

Hendry Kurniawan, Okezone · Sabtu 04 Januari 2020 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 03 51 2149073 adama-traore-tinggalkan-barcelona-dan-bersinar-di-liga-inggris-Q4vp6CRNQb.jpg Adama Traore saat memperkuat Wolverhampton. (Foto: @Squawka)

DALAM beberapa waktu belakangan, nama winger Wolverhampton Wanderers, Adama Traore, banyak dibicarakan publik. Pasalnya, Traore adalah salah satu sosok kunci yang membuat Wolves mengalahkan tim kuat Manchester City dalam gelaran Liga Inggris 2019-2020.

Nama Traore semakin santer diperbincangkan karena ia memiliki tubuh yang kekar dan kecepatan berlari yang berada di atas rata-rata. Ditambah dengan permainan apiknya di atas lapangan, tak ayal membuat Traore kini dikaitkan dengan sejumlah klub elite Eropa, seperti Real Madrid salah satunya.

Adama Traore

(Adama Traore saat membela tim junior Barcelona)

Kendati demikian, untuk bisa mencapai titik ini, Traore sejatinya telah mengarungi perjalanan yang panjang. Selain itu, ia juga telah banyak melakukan pengorbanan untuk bisa menjadi yang dikenal seperti sekarang.

Traore lahir di L’Hospitalet de Llobregat, Spanyol pada 25 Januari 1996. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Ayah Traore bernama Baba Traore dan sang ibu, Fatoumata. Traore tumbuh di keluarga kelas menengah. Dengan kata lain, ia tak mengenal yang namanya kemewahan sejak kecil, sehingga sepakbola menjadi satu-satunya hiburan untuknya.

Keluarga Traore sejatinya adalah pencinta sepakbola. Maka dari itu, ketika kecil Traore dan kakaknya, Mohamed Traore, yang berusia dua tahun lebih tua, dimasukkan ke akademi sepakbola CE L’Hospitalet. Akan tetapi, Traore adalah pemain yang lebih berbakat ketimbang sang kakak.

Pada 2004, keluarga Traore mendapat kabar yang kemudian mengubah kehidupan mereka. Pasalnya, Traore mendapat undangan dari akademi sepakbola Barcelona yang terkenal, La Masia, untuk mengikuti trial. Hal itu tentunya tak disia-siakan oleh Traore untuk unjuk kebolehan, hingga akhirnya ia pun resmi bergabung dengan La Masia.

Setelah bergabung dengan La Masia, kemampuan Traore dalam mengolah si kulit bundar semakin terasah. Di antara pemain seusianya, Traore pun menjadi salah satu yang paling menonjol. Apalagi dengan kecepatan yang dimilikinya. Itulah mengapa Traore kerap dilibatkan dalam pertandingan di kelompok usia yang lebih tua darinya.

Infografis Adama Traore

Pada 2013, Traore yang berusia 17 tahun menjadi bagian dari tim reguler Barcelona B. Selama membela Barcelona B, Traore tampil di lebih dari 40 pertandingan. Ia pun menjadi bagian penting kala mengantarkan Barcelona B menjuarai UEFA Youth League 2014.

Pada tahun yang sama, Traore melakukan debutnya di tim utama Barcelona. Kala itu ia tampil untuk menggantikan Neymar Jr dalam pertandingan melawan Granada dalam gelaran Liga Spanyol. Meski begitu, Traore kemudian memutuskan untuk pergi dari kubu Blaugrana.

Bagi para pemain di La Masia, menembus tim utama Barcelona adalah sebuah mimpi bagi mereka. Akan tetapi, Traore sadar kalau hal itu tak bisa diraih dengan mudah. Pasalnya, tim utama Barca berisikan pemain-pemain top dunia. Kalaupun Traore bisa menembusnya, belum tentu ia bakal mendapat menit bermain yang layak.

Sebagai seorang pemain muda, Traore sadar kalau dirinya membutuhkan banyak waktu bermain untuk mendapat pengalaman di atas lapangan. Maka dari itu, dengan berani Traore memutuskan untuk hengkang ke Liga Inggris pada 2015 dan bergabung dengan Aston Villa.

Adama Traore

(Adama Traore kini jadi pemain andalan Wolverhampton Wanderers)

"Ketika Anda berada di Barcelona, Anda hanya berpikir untuk mencapai tim utama, tetapi sangat sering Anda tidak memiliki kesempatan. Saya akan selalu berterima kasih atas apa yang dilakukan Barcelona untuk saya meskipun itu tidak berhasil,” ujar Traore, menyadur dari Marca.

“Pada akhirnya hari itu, jika Anda terus bekerja keras dan tidak menyerah, Anda bisa berhasil di mana saja. Dalam kasus saya, saya mengambil keputusan untuk pergi karena berbagai alasan," lanjut pemain 23 tahun tersebut.

Langkah yang diambil Traore tersebut tampaknya merupakan keputusan yang tepat. Sebab, di Liga Inggris ia berhasil mengembangkan potensi dan permainannya. Meski sempat mengalami jatuh bangun, namun kini Traore menjadi salah satu pemain yang banyak diminati setelah menampilkan performa gemilang bersama Wolves.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini